Cara Menambahkan Tag Hreflang di WordPress

Cara Menambahkan Tag Hreflang di WordPress

Cara Menambahkan Tag Hreflang di WordPress
 


Ingin mendapatkan visitor organik dari seluruh dunia? Maka langkah ini yang perlu dilakukan di blog Wordpress Anda untuk meningkatkan visitor organik dari seluruh dunia. Dengan menambahkan tag hreflang, blog siap berkembangang ditingkat internasional dan meraup visitor ogranik secara gratis.

Lagi pula, meskipun bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan secara global, ini tidak berarti bahwa semua orang dapat menggunakannya. 

Bahkan jika pengunjung Anda dapat memahami versi bahasa Inggris dari situs web Anda, mereka mungkin lebih mahir dalam bahasa lain. 

Dan jika Anda mencari bisnis mereka, maka Anda harus beradaptasi dengan preferensi bahasa mereka bukan sebaliknya.

Oleh karena itu, Anda harus menerjemahkan konten Anda ke dalam berbagai bahasa target pasar Anda. Tetapi untuk memastikan bahwa situs web Anda menampilkan konten bahasa yang tepat kepada audiens yang tepat, Anda juga harus menambahkan kode yang dikenal sebagai “ tag hreflang ” ke situs web Anda.

Jika Anda menggunakan WordPress untuk situs web Anda, ketahuilah bahwa itu tidak dirancang untuk operasi blog multibahasa di luar kotak. Akibatnya, Anda tidak akan menemukan pengaturan bawaan di WordPress yang disebut "Tambahkan Tag Hreflang" atau yang serupa.

Kami juga akan memberikan beberapa praktik terbaik untuk menjalankan situs web multibahasa yang memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa dan mendorong penjualan.

Apa itu tag hreflang?

Tag HReflang adalah atribut kode HTML yang menunjukkan bahasa halaman web, dan wilayah geografis tempat halaman itu dibuat. Katakanlah kita memiliki halaman beranda dengan URL “https://www.example.com/gb” yang berisi tag hreflang ini:

<link rel=“alternate” hreflang=“en-gb” href=“https://www.example.com/gb/” />

Di sini, tag hreflang menunjukkan bahwa beranda “https://www.example.com/gb/” adalah:

  • Dalam bahasa Inggris, mengikuti kode bahasa "en" ISO-639-1, dan 
  • Dibuat untuk pengunjung dari wilayah Inggris Raya, mengikuti kode wilayah "gb" ISO 3166-1 alpha-2.


Halaman web dapat berisi beberapa tag hreflang pada satu waktu – dan pada kenyataannya, mereka harus, jika Anda memiliki beberapa varian halaman web untuk menargetkan pengunjung dengan pengaturan bahasa dan regional yang berbeda.

Mesin pencari menggunakan tag hreflang untuk menentukan bahasa dan varian regional mana dari halaman web yang akan ditayangkan kepada pencari. Mengikuti contoh di atas, jika seorang pencari dari Prancis memiliki bahasa Prancis sebagai pengaturan bahasa mereka, maka tidak akan tepat bagi mesin pencari untuk mengarahkan pencari ke web “https://www.example.com/gb/” halaman.

Sebagai gantinya, mesin pencari mungkin mencoba mengarahkan pencari ke versi alternatif dari halaman web yang sama yang memiliki atribut hreflang 'rel=“alternate” hreflang=“fr-fr”' (dengan asumsi bahwa halaman ini ada).

Secara terpisah, pernahkah Anda mencoba mengunjungi halaman web versi global “.com”, hanya untuk menemukan diri Anda secara otomatis dialihkan ke varian khusus negara dari halaman web itu? Jika belum, coba buka “ https://nike.com/ ” dan amati apakah URL ini berubah saat browser memproses permintaan Anda.

Sederhananya, tujuan dari tag hreflang adalah untuk membantu pengunjung situs web mengakses konten web yang secara khusus disesuaikan dengan konteks lokal mereka.

Alasan Pentingnya Tag Hreflang di Blog Wordpress

Dengan memberi saran tentang bahasa target dan pengaturan regional halaman web, tag hreflang memainkan peran penting untuk situs web yang melayani audiens internasional. Ini karena tag hreflang dapat membantu:

1. Optimalkan peringkat mesin pencari global situs web 

Mesin pencari ingin menyajikan hasil yang paling relevan bagi pencari , dalam hal konten dan bahasa. Dengan menggunakan tag hreflang, Anda membantu mesin telusur memahami versi halaman web Anda yang paling relevan untuk penelusur dengan setelan bahasa dan wilayah tertentu. 

Akibatnya, mesin pencari dapat memberi peringkat varian halaman itu lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari untuk pencari tersebut.

Misalnya, jika mesin pencari mendeteksi bahwa halaman web Anda berisi atribut hreflang 'rel=“alternate” hreflang=“en-us”', maka mesin pencari akan mengetahui bahwa halaman web Anda ditujukan untuk pengguna bahasa Inggris dari Amerika Serikat . 

Oleh karena itu, halaman itu mungkin memberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian untuk pencari bahasa Inggris dari Amerika Serikat yang Anda inginkan saat Anda mengejar strategi SEO (optimasi mesin pencari) global .

Selain itu, mesin telusur melakukan yang terbaik untuk menyajikan konten unik kepada penelusur . Jadi, saat Anda menggunakan tag hreflang, Anda memberi sinyal ke mesin telusur bahwa laman web tertentu tidak dianggap sebagai konten duplikat, meskipun kontennya mungkin sangat identik. 

Akibatnya, mesin pencari belajar bahwa mereka harus memberi peringkat pada semua halaman yang sangat mirip ini, daripada hanya memilih satu untuk diberi peringkat.

2. Tingkatkan pengalaman pengguna

Mengikuti bagaimana mesin pencari mencoba menyajikan konten yang unik dan relevan, tag hreflang membantu mengarahkan pengunjung situs web ke versi bahasa halaman web yang dibuat khusus untuk konsumsi mereka. 

Ini membuka peluang bagi Anda untuk membuat halaman web yang memberikan pengalaman pengguna yang benar-benar lokal mulai dari referensi cuaca lokal hingga menggabungkan gambar spesifik lokasi atau bahkan menyertakan bahasa gaul unik yang tidak digunakan di tempat lain.

Setelah melakukannya, Anda dapat menciptakan rasa hubungan antara pengunjung situs web dan merek Anda. Anda bahkan dapat menumbuhkan niat baik yang mendorong pengunjung untuk membelanjakan uang dengan Anda!

3. Kurangi rasio pentalan situs web 

“Rasio pentalan” mengacu pada persentase pengunjung yang meninggalkan situs web setelah hanya melihat satu halaman. Idealnya, Anda ingin mencoba dan menjaga rasio pentalan Anda serendah mungkin.

Sesuai poin sebelumnya, tag hreflang membantu mengarahkan pengunjung situs web ke konten yang relevan bagi mereka. 

Jika hal ini menyebabkan pengunjung mendapatkan pengalaman pengguna yang luar biasa di laman web tempat mereka pertama kali masuk, mereka mungkin akan tetap tinggal untuk menjelajahi laman lain di situs web Anda . 

Ini adalah berita bagus untuk mengurangi rasio pentalan Anda.

Rasio pentalan yang lebih rendah juga dapat diterjemahkan ke hasil bisnis yang lebih nyata, seperti peningkatan pendaftaran kursus dan volume pesanan.

Cara Menambahkan Tag Hreflang di WordPress

Sekarang setelah kita melihat pentingnya tag hreflang, bagaimana kita bisa benar-benar menerapkannya di situs WordPress? Berikut adalah dua solusi:

1. Gunakan plugin WordPress

Plugin WordPress adalah penyelamat, membantu memperluas kemampuan situs web Anda dengan sedikit pengkodean yang dibutuhkan. 

Dan hal yang sama berlaku untuk menerapkan tag hreflang solusi WordPress yang tepat dengan fungsionalitas hreflang dapat secara otomatis menambahkan tag hreflang ke semua halaman web Anda atas nama Anda. 

2. Tambahkan tag hreflang secara manual ke situs web WordPress 

Atau, jika Anda memilih untuk tidak menggunakan solusi pihak ketiga untuk mengotomatiskan penambahan tag hreflang ke situs WordPress Anda, maka selalu ada pendekatan yang lebih manual. Namun, Anda harus ekstra hati-hati saat menambahkan tag hreflang secara manual, karena:

  • Tag hreflang berisi banyak bagian yang bergerak: mulai dari menggunakan bahasa dan kode wilayah yang tepat hingga menyusun tag hreflang dalam format yang tepat, Anda harus memastikan bahwa Anda menulis tag hreflang dengan benar agar dapat berfungsi.
  • Penerapan manual menjadi sangat rumit untuk situs web besar yang berisi banyak variasi laman: semakin banyak laman web yang Anda miliki dan semakin banyak bahasa yang Anda terjemahkan, maka semakin banyak tag hreflang yang Anda perlukan untuk membuat dan menambahkan ke situs web Anda. Ini menyisakan lebih banyak ruang untuk kesalahan manusia dan satu kesalahan kecil dapat menyebabkan tag hreflang Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, implementasi hreflang manual disarankan hanya untuk pembuat kode serius yang memiliki waktu dan kesabaran untuk memecahkan masalah kesalahan hreflang yang terjadi. 

Jika Anda sesuai dengan tagihan, Anda dapat menambahkan tag hreflang secara manual melalui salah satu cara berikut:

1. Melalui header HTTP

Buka bagian <head> pun tidak dimaksudkan dari salah satu halaman web Anda, lalu tambahkan semua tag hreflang yang Anda butuhkan di sana . Bilas dan ulangi untuk setiap halaman web (atau varian halaman, tepatnya) di situs web Anda. 

Pastikan untuk memberikan bahasa dan kode wilayah yang benar, dan URL halaman alternatif, di tag hreflang Anda.

Meskipun metode ini terdengar mudah secara teori, menambahkan beberapa tag hreflang secara manual ke semua halaman web Anda akan sangat membosankan. 

Tidak hanya itu, ika halaman web Anda akhirnya berisi lusinan tag hreflang, kecepatan pemuatan halaman Anda mungkin menurun. SEO Anda bisa terpukul sebagai hasilnya, karena mesin pencari lebih suka memberi peringkat halaman web yang memuat lebih cepat, dengan semua yang lain sama.

2. Melalui peta situs XML situs web

Peta situs XML adalah file yang berisi informasi tentang konten situs web Anda (halaman, gambar, video, dan sebagainya). Mesin pencari merujuk ke peta situs XML untuk mempelajari konten mana di situs web Anda yang lebih penting, sehingga mereka harus memberi perhatian khusus pada perayapan dan karenanya pengindeksan dan pemeringkatan itu.

Untuk menambahkan tag hreflang ke peta situs XML Anda, Anda akan menggunakan kode yang terlihat seperti ini:

<url>

<loc>http://www.example.com/en</loc>

<xhtml:link rel=”alternate” hreflang=”it-it” href=”http://www.example.com/it” />

</url>


Menambahkan tag hreflang ke peta situs XML menyederhanakan proses penerapan hreflang manual. 

Ini karena pada dasarnya Anda akan menempatkan semua tag hreflang di satu lokasi terpusat, tanpa perlu mereplikasinya di beberapa halaman. 

Akibatnya, Anda menghilangkan kode pada halaman yang tidak perlu, dan juga dapat mempersingkat waktu pemuatan halaman Anda. 

Meskipun tentu saja, semakin banyak varian halaman yang Anda miliki, semakin kompleks implementasi XML hreflang Anda.

Terlepas dari metode mana yang Anda gunakan untuk menambahkan tag hreflang secara manual, waspadalah terhadap kesalahan penerapan sesudahnya. 

Jika tag hreflang Anda belum ditambahkan dengan benar, Anda mungkin menemukan pesan kesalahan “Situs Anda tidak memiliki tag hreflang” di Google Search Console.

Meskipun ini adalah masalah umum dengan implementasi DIY, penyebab pasti dari kesalahan dapat memakan waktu untuk mengidentifikasi dan memperbaikinya. 

Jika Anda mengalami masalah ini, kami memiliki panduan terpisah untuk memecahkan masalah kesalahan "Situs Anda tidak memiliki tag hreflang" yang mungkin berguna bagi Anda.

Hal-hal lain yang perlu diingat saat menambahkan tag hreflang ke Wordpress

Menambahkan tag hreflang ke situs WordPress Anda bukanlah akhir dari cerita. 

Untuk menghasilkan situs multibahasa yang dibangun dengan baik, ingatlah praktik terbaik ini:

Terapkan konten terjemahan Anda

WordPress tidak menawarkan fitur untuk menunjuk varian terjemahan dari halaman web tertentu, jadi Anda memerlukan alat terpisah untuk ini. 

Dalam hal ini, ada berbagai solusi yang kompatibel dengan WordPress, seperti Weglot .

Pilih plugin WordPress yang dirancang dengan baik

Tingkatkan kinerja dan fungsionalitas situs web WordPress multibahasa Anda menggunakan plugin WordPress yang tepercaya dan kuat. 

Plugin tersebut meliputi:


  • WooCommerce jika Anda berniat untuk mengoperasikan toko e-niaga, atau
  • Yoast SEO untuk membantu mesin pencari mengindeks dan memberi peringkat konten Anda dengan lebih baik.


Terlebih lagi, banyak dari plugin ini dapat digunakan secara gratis! Ini adalah peluang besar untuk menyempurnakan situs web Anda tanpa biaya, jadi jangan ragu untuk menambahkan plugin semacam itu ke situs multibahasa Anda jika masuk akal untuk melakukannya.

Tag HReflang: komponen penting dari situs WordPress multibahasa mana pun

Jika membuat blog Wordpress menjadi multibahasa, maka Anda sama sekali tidak boleh melewatkan tag hreflang. 

Menambahkan tag ini ke blog Wordpress dan menambahkannya dengan benar adalah kunci untuk memastikan bahwa:

  • Mesin pencari memberi peringkat pada bahasa yang sesuai dan varian regional halaman Anda di hasil pencarian,
  • Pengguna disalurkan ke konten yang paling relevan untuk bahasa dan wilayah mereka sendiri, dan itu
  • Anda pada akhirnya mengoptimalkan kehadiran situs web Anda untuk jangkauan dan penjualan global maksimum.
Dengan kemampuannya untuk mengotomatiskan implementasi tag hreflang dan membuat terjemahan  berkualitas tinggi dari konten yang Anda publikasikan di blog Wordpress.

0 Response to "Cara Menambahkan Tag Hreflang di WordPress"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia