Cara Kerja Google AdWords dan Biayanya

Cara Kerja Google AdWords dan Biayanya

Cara Kerja Google AdWords
 

Google AdWords adalah platform periklanan online bayar per klik yang memungkinkan pengiklan untuk menampilkan iklan di halaman mesin pencarian Google. 

Berdasarkan kata kunci yang ingin ditargetkan, optimalkan bisnis membayar untuk mendapatkan peringkat iklan di bagian atas halaman hasil pencarian. Karena platform berjalan pada iklan bayar per klik (PPC), Anda harus membayar hanya ketika pengunjung mengklik iklan tertentu.

Pasar Google AdWords bekerja seperti lelang di mana orang menawar untuk klik. Namun, tawaran tertinggi tidak selalu berhasil. Selain uang, Google juga mempertimbangkan skor kualitas untuk memastikan bahwa orang yang mengklik iklan memiliki pengalaman terbaik.

Apa Itu Google AdWords?

Google AdWords adalah salah satu platform periklanan online terbesar yang membantu bisnis menjangkau pelanggan di seluruh dunia dan mengembangkan bisnis. 

Melalui jaringan iklan bayar per klik ini, pengiklan membayar Google untuk menargetkan pengguna berdasarkan pencarian kata kunci, negara, dan jenis perangkat, serta menayangkan iklan kepada pengguna yang tertarik dengan produk atau layanan yang ditargetkan.

Apa itu Jaringan Iklan Google?

Membuat akun Google AdWords memungkinkan bisnis untuk menargetkan pengguna di dua jaringan utama yaitu jaringan pencarian dan tampilan.

Di jaringan pencarian, pengiklan menawar kata kunci yang relevan. Tentunya memberi mereka tampilan iklan kepada pengguna yang memasukkan kata kunci tersebut ke Google sebagai bagian dari permintaan pencarian. 

Hasil pencarian berbayar biasanya ditampilkan di bagian atas dan bawah halaman memiliki ikon iklan kecil di sebelahnya.

Di sisi lain, Jaringan tampilan menawarkan pengiklan berkesempatan untuk menampilkan iklan spanduk di blog yang merupakan bagian dari jaringan Google.

Apa itu Peringkat Iklan?

Sistem Google AdWords pada prinsipnya adalah lelang langsung di mana pengiklan menempatkan 'tawaran' dalam sistem AdWords untuk mengamankan posisi iklan tertentu. 

Bergantung pada persaingan dan tawaran harga oleh pengiklan lain, pengiklan mendapatkan posisi yang diinginkan atau terkait dengan posisi yang lebih rendah.

Namun, posisi iklan yang sebenarnya ditentukan oleh dua faktor, tawaran maksimum dikalikan dengan angka mutu.

Meskipun tawaran maksimum adalah jumlah yang bersedia untuk bayarkan saat pemirsa mengeklik iklan, akan tetapi skor kualitas mengacu pada seberapa baik iklan dioptimalkan, kualitas halaman, rasio klik-tayang, dan relevansi iklan dengan para pencari. 

Semakin baik peringkat iklan Anda, semakin tinggi iklan ditampilkan di hasil pencarian google.

Iklan berkualitas tinggi dan kampanye AdWords yang berkinerja baik juga dihargai oleh Google dengan biaya per klik yang didiskon, posisi peringkat iklan yang lebih tinggi, dan lebih cenderung tampil di penempatan teratas di atas cantuman organik.

Cara Menggunakan Google AdWords

Untuk menggunakan Google AdWords, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Tetapkan tujuan akun. Misalnya, jika ingin menggunakan Google Ads untuk membangun merek, struktur akun dan fitur yang Anda gunakan akan sangat berbeda jika menggunakan iklan untuk menghasilkan prospek
  2. Kembangkan persona audiens dengan menentukan siapa pelanggan yang ideal, apa yang mereka lakukan, apa yang mereka cari, dan di perangkat apa
  3. Lakukan penelitian kata kunci dengan menggunakan alat kata kunci, seperti SEMrush, untuk menemukan, biaya, persaingan, dan volume untuk istilah pencarian di setiap tahap pencarian Anda
  4. Susun akun AdWords ke dalam kampanye dan grup iklan yang berbeda, masing-masing menampilkan kata kunci dan iklan yang relevan
  5. Setelah mencantumkan kata kunci yang relevan dengan bisnis yang digeluti, Anda dapat menempatkan iklan di hasil pencarian dengan menawar kata kunci tersebut. Jika persaingan untuk kata kunci tinggi, Biaya Per Klik (BPK) akan terlalu tinggi untuk ditawar. Dalam hal ini, lebih baik untuk mendapatkan granular dan tawaran untuk long tail keywod yang relevan untuk bisnis
  6. Buat tulisa iklan. Pastikan menyertakan kata kunci yang relevan, judul yang menarik, descripsi yang simpel, dan ekstensi iklan yang jelas
  7. Rancang halaman arahan ramah seluler yang berfokus pada manfaat dan fitur produk atau layanan yang Anda coba jual, memiliki gambar berkualitas baik, formulir, dan descripsi yang jelas
  8. Tempatkan kode Google Analytics di blog atau website untuk pelacakan konversi
  9. Kunci sukses kampanye iklan adalah pengoptimalan rutin dan pengujian A/B semua tulisan iklan dan halaman arahan.


Biaya Iklan Google AdWords


Jumlah yang dibebankan oleh Google AdWords kepada pengiklan tergantung pada jenis iklan.

Karena Google AdWords adalah program periklanan bayar per klik, iklan yang ditampilkan secara gratis dan akan dikenakan biaya bila seseorang mengklik iklan di halaman hasil pencarian Google. 

Selain itu, sistem AdWords adalah lelang langsung oleh karena itu, harga klik ditentukan oleh jumlah persaingan, dan berapa banyak yang bersedia membayar untuk sebuah klik.

Jika dilakukan dengan benar, Google AdWords dapat mengarahkan traffic organik berkualitas tinggi ke blog dengan biaya yang jauh lebih kompetitif dibandingkan dengan bentuk iklan lainnya.

Namun, jika Anda tidak tahu cara mengelolanya. Biaya dapat meningkat dengan cepat sementara berpotensi mendorong ltraffic berkualitas rendah

Kunci untuk menjalankan kampanye AdWords yang sukses adalah memahami faktor-faktor yang berperan dalam berapa biaya setiap klik yang Anda keluarkan.

  • Kompetisi kata kunci
  • Tawaran maksimum dan posisi tawaran
  • Anggaran bulanan rata-rata
  • Tarif klik-tayang
  • Skor kualitas kata kunci

Jika Anda menargetkan kata kunci bervolume tinggi dengan banyak pencarian bulanan, Anda bisa membayar jumlah yang lumayan untuk traffic, yang bisa berkisar antara beberapa rupiah hingga lebih dari 150 ribu untuk setiap klik.

Untuk mengelola biaya AdWords, tetapkan anggaran harian di tingkat kampanye. 

Bebas melakukan perubahan pada ini kapan pun Anda mau. 

Idealnya, pengiklan pemula harus memulai dari yang kecil dengan anggaran rendah. 

Berdasarkan wawasan dan kualitas prospek, Anda dapat menentukan apakah ingin meningkatkan anggaran atau menghentikan kampanye.

Cara Kerja Iklan Google


Google Ads dapat bekerja untuk semua jenis bisnis besar dan kecil. Ini adalah bentuk periklanan yang terjangkau yang dapat menargetkan prospek di pasar yang berkualitas jika dikelola dengan benar.

  1. Kunci sukses untuk membuat Google Ads bekerja dengan maksimal adalah memahami seluk beluk iklan berbayar, strategi penawaran, riset kata kunci, struktur akun, dll.
  2. Khususkan anggaran untuk belanja setiap kampanye, tetapkan anggaran harian sesuai dengan itu, dan lacak pembelanjaannya
  3. Lakukan riset kata kunci dan bid pada frasa dan kata kunci yang tepat pada bid yang lebih tinggi untuk mendapatkan lebih banyak klik yang relevan
  4. Saat membuat iklan, pastikan iklan tersebut relevan dan cukup menarik untuk diklik oleh pemirsa
  5. Optimalkan halaman arahan dengan menjalankan pengujian A/B untuk mencoba variasi halaman
  6. Coba pemasaran ulang untuk memperkuat merek

Jika masih bertanya-tanya apakah Google AdWords sepadan dengan uangnya, sebaiknya mulai dari yang kecil, sesuaikan berdasarkan hasil, dan gandakan jika kampanye menghasilkan penjualan yang terjangkau dan menguntungkan.

Jadi itulah artikel tentang cara kerja Google Adwords yang bisa dijadikan referensi buat Anda semua. Semoga beruntung!

0 Response to "Cara Kerja Google AdWords dan Biayanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia