Cara Daftar Blog ke Google News untuk Pemula

Cara Daftar Blog ke Google News untuk Pemula

Daftar Blog ke Google News
 

Google News adalah salah satu traffic blog yang penting; dalam mengelola blog kita, kita membutuhkan traffic organik agar statistik blog bagus di mata google, yang pada akhirnya membuat blog menjadi perhatian. 

Untuk menampilkan blog Anda muncul di Google News, Anda perlu tahu cara mendaftar Google News dengan benar, yang akan dijelaskan artikel ini secara lengkap.

Apa itu Google Berita?

Google News adalah salah satu produk Google yang dikelolah untuk layanan berita Google atau news feed. Tujuan platfrom ini diciptakan untuk mengumpulakn informasi setiap konten berita dari berbagai situs web di seluruh dunia untuk ditampilkan kepada pengguna aplikasi Google Berita.

Setiap hari Google mengumpulkan ribuan artikel dalam berbagai kategori mulai dari berita, blog, dan siaran pers, dan setiap berita berasal dari sumber yang berbeda. 

Meskipun traffic dari umpan berita ini organik, fungsinya sama sekali berbeda dengan mesin pencari Google. Selain itu, artikel yang ada dalam aplikasi Google News lebih fokus pada berita. 

Meskipun menurut saya pribadi, kata news yang dirujuk oleh Google agak relatif. 

Salah satu kelebihan yang dimiliki Google News dibandingkan platform lain adalah memudahkan pengguna untuk mendapatkan berita berdasarkan Topik, Lokasi, atau sumber berita. 

Buat Anda yang memiliki blog, ini adalah kabar baik buat Anda karena Anda bisa daftar Google News dan artikel cepat terindex. Bayangkan, jumlah kunjungan ke Google News dalam satu bulan bisa mencapai ratusan juta di seluruh dunia. 

Jadi, jika Anda bisa memanfaatkan platform ini dengan baik, dampaknya akan sangat positif bagi blog Anda. 

Jika Anda memiliki konten berita yang unik dan berkualitas, Google News akan membantu Anda menempatkannya di daftar Top News. 

Dan tentunya Google akan menganggap blog Anda juga layak berada di posisi teratas mesin pencari Google.

1. Masuk ke Halaman Mesin Pencari Lebih Mudah 

Jika blog Anda telah berhasil mendaftarkan situs web Anda ke Google News, langkah selanjutnya adalah membuat konten sebaik mungkin. 

Google Berita akan menganalisis konten Anda apakah layak menjadi Judul. 

Salah satu cara terbaik daftar Google News adalah agar artikel cepat terindex di Google. Selain itu, untuk mendapatkan kesempatan masuk ke halaman pertama Google tanpa harus melakukan SEO (Search Engine Optimization).

2. Meningkatkan Jumlah Pengunjung Organik

Salah satu keunggulan Google News adalah meningkatkan jumlah pengunjung organik. 

Semakin mudah orang menemukan konten yang mereka cari di mesin pencari, semakin besar Anda untuk mendapatkan pengunjung organik secara gratis. 

Kehadiran fitur konten yang dipersonalisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap lalu lintas berkualitas tinggi. 

Pengguna yang mengunjungi situs web Anda akan merasa senang karena topik Anda relevan dengan apa yang mereka butuhkan atau cari.

3. Sebagai Media Branding yang Efektif

Jika situs web Anda menawarkan konten berkualitas baik, itu akan berdampak positif bagi Anda, dan pengunjung akan sering datang ke situs web Anda lagi. 

Selain itu, ulasan yang Anda buat tentang topik tertentu, situs web Anda akan dianggap ahli di bidang itu. 

Di sinilah letak hubungan dengan membantu dan membangun merek untuk situs web melalui Google Warta. 

4. Peluang Mendapatkan Banyak Backlink 

Salah satu optimasi SEO Off-Page yaitu dengan mendapatkan backlink yang berkualitas, semakin banyak backlink yang didapat maka semakin besar kepercayaan pengguna terhadap website Anda. 

Secara umum, Anda harus mengetahui fungsi backlink dalam meningkatkan kepercayaan pengunjung pada suatu situs.

5. Alternatif Bebas Iklan

 Google Berita dapat meningkatkan pencitraan merek secara efektif. Google News sangat berpotensi mendatangkan traffic organik ke blog secara gratis. 

Traffic organik adalah kunjungan yang berasal dari mesin pencari, dan Anda tidak perlu membayar apa pun untuk mendapatkannya.

Cara Mendaftar Blog di Google News atau Google Publisher Center 

Jika Anda sudah memenuhi beberapa persyaratan di atas, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog Anda ke Google News. Berikut cara melakukannya: 

1. Masuk dengan Akun Google 

Silakan masuk ke pusat penerbit Google dengan login terlebih dahulu menggunakan akun Gmail Anda.

2. Verifikasi Kepemilikan Website

Selanjutnya, Anda perlu memverifikasi website menggunakan Google Search Console (GSC). 

Karena Google News memiliki crawler engine-nya, pastikan Anda mengisi dan menambahkan sitemap XML di website atau blog Anda. 

3. Buka Pusat Penerbit Google Berita 

Pergi ke pusat penerbit berita google untuk mendaftarkan situs web. Ikuti langkah selanjutnya. 

4. Menambahkan Situs Web/Blog 

Silakan tambahkan blog Anda pada bagian "Tambahkan Publikasi"

5. Isi Informasi Blog

Pada pengaturan Publikasi, isikan Nama Publikasi dengan kalimat pendek yang menggambarkan blog Anda, keduanya masukkan alamat situs blog Anda, dan terakhir pilih negara yang menjadi target artikel dari blog Anda.

6. Isi Informasi Bagian Opsi "Umum"


Pada bagian ini, Anda akan mengisi informasi umum seperti informasi dasar, lokasi, URL situs properti utama, URL properti situs lainnya ( masukan URL utama bagian ini). serta kontak.

Isi semua informasi yang diminta sesuai dengan arahan dari Google News untuk mendaftarnya.

7. Isi Bagian Opsi " Gaya Visual"


Pada bagian opsi ini, Anda akan mengisi ada dua gambar yaitu gambar logo blog dan icon blog. isi sesuai dengan logo yang sudah terpasang di blog Anda.

8. Bagian Setelan Konten


Pada bagian ini Anda diminta masukan URL feed blog anda yang berasal dari Feed Burner. URL Feed ini berlaku untuk mengambil setiap update artikel terbaru di blog Anda. Jika konten sudah tersediah lanjut di langkah selanjutnya

9. Tinjau dan Publikasikan


Pada bagian ini merupakan dimana Anda dapat melihat preview hasil penampakan dari Google News itu sendiri. Jika konten sudah muncul didalam box ponsel sebelah kanan. Selanjutnya Anda hanya perlu klik pada bagian publikasikan.

10. Menunggu Review 


Biasanya dalam review Google News membutuhkan waktu hingga 2-7 hari. Itupun jika Anda rajin upload di blog Anda selama review berlangsung.

Jika pada bagian halaman home/atau beranda muncul dengan tulisan "tayang" itu artikel blog Anda sudah diterima. Apabila anda menemukan tulisan " review " maka sedang review. Tapi apabila Anda mendapatkan tulisan seperti "ditolak" maka pengajuan Anda ditolak

Solusinya bagaiamana jika blog ditolak oleh Google News?

Buka email kalia, kemudian baca keterangan yang dituliskan oleh pihak Google News. Biasanya akan diberikan keterang plus dengan gambar hasil screensot. Hal ini tentu dimudahkan untuk memperbaiki kesalahan pada pengajuan sebelumnya.

Itulah cara daftar Google News untuk blog dan website. Kemudian Anda tinggal menunggu waktu saja, agar pengunjung website ramai atau mengalami peningkatan.

0 Response to "Cara Daftar Blog ke Google News untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia