5 Hal Materi Bisnis Untuk Marketing Yang Wajib Ada

5 Hal Materi Bisnis Untuk Marketing Yang Wajib Ada

Materi Bisnis Untuk Marketing
 

Materi bisnis marketing adalah salah satu elemen terpenting untuk berhasil meluncurkan bisnis baru. Dan untuk memasarkan bisnis Anda secara efektif, Anda memerlukan alat pemasaran yang tepat.

Serangkaian materi pemasaran merek yang dirancang dengan baik dapat membantu Anda terhubung dengan pelanggan dan klien ideal Anda, menyebarkan berita tentang produk atau layanan Anda, meningkatkan kredibilitas Anda, dan membangun kepercayaan audiens Anda terhadap bisnis Anda.

Tapi apa, tepatnya, alat yang tepat untuk bisnis Anda? Mari kita lihat lima materi pemasaran utama yang harus dimiliki setiap pemilik usaha kecil terutama ketika Anda baru memulai.

5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis

1. Logo

Pikirkan logo Anda sebagai wajah bisnis Anda. Karena akan ditampilkan di semua yang terkait dengan bisnis Anda (seperti situs web, kartu nama, dan pakaian bermerek), ini akan menjadi elemen desain pertama yang akan diasosiasikan oleh klien dan pelanggan dengan merek Anda. Dan sebagai wajah bisnis Anda, itu juga salah satu alat pemasaran paling kuat yang Anda inginkan.

Tapi tidak semua logo diciptakan sama; Anda tidak dapat menggabungkan desain logo generik, ceroboh, atau tidak profesional dan mengharapkannya untuk mendorong hasil. 

Jika Anda ingin logo Anda memasarkan bisnis Anda secara efektif, membangun pengenalan merek, dan terhubung dengan pelanggan Anda, Anda memerlukan logo yang profesional, dirancang dengan baik, dan secara akurat mewakili siapa Anda sebagai sebuah merek.

Dan, kecuali Anda seorang desainer, itu mungkin berarti mendapatkan desain logo kustom profesional.

Apakah membuat logo Anda dirancang secara profesional merupakan investasi? Ya. Tetapi karena logo Anda adalah bagian penting dari branding dan pemasaran Anda, ini adalah investasi yang layak dilakukan. 

Logo yang tepat tidak hanya akan membuat branding Anda lebih kuat dan bisnis Anda lebih berkesan, tetapi juga akan menjadi bagian tak ternilai dari paket branding bisnis kecil Anda selama bertahun-tahun yang akan datang. 

Logo Anda adalah aset yang akan Anda gunakan pada semua materi pemasaran Anda jadi pastikan itu merupakan cerminan positif dari bisnis Anda.

2. Kartu nama

Setelah logo Anda dirancang, saatnya untuk membuat sisa materi pemasaran Anda, dimulai dengan kartu nama Anda. Kartu nama adalah alat pemasaran yang sangat serbaguna Anda dapat menggunakannya untuk memasarkan bisnis Anda dengan berbagai cara. 

Ketika datang ke kartu bisnis Anda, yang Anda butuhkan hanyalah logo Anda, informasi kontak, dan dimensi kartu nama yang tepat. 

Dari sana, Anda bisa desain kartu nama Anda dan mulai menggunakannya untuk membuat koneksi dan menyebarkan berita tentang bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan kartu nama Anda untuk:

  • Terhubung dengan klien dan pelanggan.  Cara paling tradisional untuk menggunakan kartu nama juga merupakan salah satu yang paling efektif. Saat Anda bertemu dengan klien atau mitra potensial, berikan mereka kartu nama untuk berbagi informasi tentang bisnis Anda dan cara menghubungi Anda.
  • Bangun visibilitas di komunitas Anda.  Banyak bisnis kecil mengandalkan pemasaran di komunitas lokal mereka dan kartu nama bisa menjadi cara yang bagus untuk melakukannya. Misalnya, Anda mungkin memposting kartu nama Anda di papan buletin di kedai kopi lokal atau memperkenalkan diri Anda (dan bisnis Anda) kepada pemilik bisnis lokal lainnya dan meminta untuk meninggalkan setumpuk kartu. Semakin banyak kartu nama yang Anda keluarkan ke komunitas, semakin banyak visibilitas bisnis Anda dan semakin sukses pemasaran Anda.
  • Pasar dengan cepat.  Peluang untuk memasarkan bisnis Anda dapat terjadi saat Anda tidak mengharapkannya dan menyimpan kartu nama memastikan Anda siap untuk apa pun. Misalnya, Anda mungkin bertemu investor yang tertarik dalam antrean di toko kelontong atau klien potensial saat berlibur. Jika Anda sudah siap dengan kartu nama, Anda dapat memanfaatkan pertemuan kebetulan tersebut untuk memasarkan dan mengembangkan bisnis Anda dengan cepat.

3. Situs web


Kebanyakan orang beralih ke internet ketika mereka ingin mengetahui lebih banyak tentang bisnis. Jadi, situs web yang dirancang dengan baik adalah suatu keharusan mutlak. 

Situs web tidak hanya memberikan kredibilitas bisnis Anda, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk berbagi informasi tentang produk atau layanan Anda, membangun kepercayaan dengan klien dan pelanggan, dan menunjukkan kepada mereka mengapa Anda adalah orang yang ingin mereka ajak berbisnis.

Meskipun desain situs web yang efektif akan bergantung pada bisnis Anda, pelanggan Anda, dan apa yang Anda pemasaran, berikut adalah beberapa elemen universal yang harus Anda sertakan:

  • merek Anda.  Agar situs web Anda menjadi alat pemasaran yang efektif, orang harus dapat mengenali bahwa itu adalah situs web untuk bisnis Anda. Pastikan untuk memanfaatkan palet warna merek Anda dan sertakan logo Anda di setiap halaman.
  • Kontak informasi.  Sama seperti kartu nama Anda, Anda pasti ingin memasukkan informasi kontak Anda (termasuk email, nomor telepon, dan alamat Anda) di situs web Anda.
  • bagian 'Tentang kami'.  Situs web Anda menawarkan peluang terbaik untuk memberi tahu calon pelanggan siapa Anda dan Bagian "Tentang kami", yang menceritakan kisah bisnis Anda, adalah cara yang bagus untuk melakukannya.
  • Informasi produk dan layanan.  Selain memberi tahu pelanggan siapa Anda, situs web Anda juga harus memberi tahu pelanggan apa yang Anda lakukan yang berarti menyertakan informasi tentang produk dan/atau layanan yang Anda tawarkan. (Tergantung pada model bisnis Anda, ini mungkin termasuk menjual produk dan layanan tersebut langsung di situs web Anda.)
  • Operasi berjam-jam.  Jika Anda memiliki bisnis batu bata dan mortir, pelanggan Anda perlu tahu kapan Anda buka. Cantumkan jam operasional Anda di situs web Anda di tempat yang mudah ditemukan.
  • Pegangan media sosial.  Sertakan tautan ke profil sosial Anda (seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, atau YouTube) di situs web Anda sehingga pelanggan dapat dengan mudah terhubung dengan Anda.
Seperti logo Anda, situs web Anda adalah materi pemasaran yang akan mendapatkan banyak eksposur jadi penting untuk memakukan desainnya. 

Kecuali Anda memiliki latar belakang dalam desain web, Anda harus berencana untuk menggunakan profesional jasa desain website untuk memastikan situs akhir Anda mendapatkan hasil yang Anda cari.

4. Kartu pos


Kartu pos dan selebaran adalah beberapa materi bisnis marketing paling serbaguna di luar sana, terutama untuk acara atau marketing lokal. Mereka lebih besar dari kartu nama, sehingga Anda dapat memasukkan lebih banyak informasi tentang bisnis Anda, bersama dengan visual yang menarik atau bahkan penawaran promosi. 

Tapi seperti kartu nama, kartu pos dan selebaran sangat portabel. Anda dapat meninggalkan setumpuk kartu pos dengan pemilik bisnis lokal lainnya untuk menjangkau pelanggan baru, atau Anda dapat mencoba memposting selebaran di papan pesan lokal untuk meningkatkan visibilitas merek.

Item ini juga bekerja sangat baik untuk pemasaran surat. Karena ukuran dan penyelesaiannya, mereka cenderung menonjol dari jenis surat lainnya sehingga mudah untuk menarik perhatian pelanggan Anda dan membawa mereka ke bisnis Anda.

Kartu pos dan pamflet tersedia dalam berbagai gaya, hasil akhir, dan berat kertas, dan apa yang Anda pemasaran akan menentukan berapa banyak yang harus Anda rencanakan untuk dipesan (untuk lebih banyak kartu pos dan pamflet, Anda harus memesan setumpuk besar untuk dimiliki tersedia setiap saatsementara penawaran promosi waktu terbatas Anda ingin memesan dalam jumlah yang lebih kecil).

5. Brosur


Terkadang, Anda perlu berbagi banyak informasi pemasaran dengan pelanggan Anda—tetapi Anda perlu menyampaikan informasi tersebut dalam format yang ringkas. Di situlah brosur berguna.

Brosur dapat membantu Anda memasarkan bisnis Anda dalam berbagai cara. Misalnya, Anda dapat menggunakan brosur untuk menceritakan kisah bisnis Anda, mirip dengan bagian “tentang kami” di situs web Anda. Anda dapat menggunakan brosur untuk berbagi informasi mendalam tentang produk atau layanan tertentu, untuk mempromosikan acara mendatang atau untuk menawarkan calon investor.

Karena brosur lebih panjang dan lebih terlibat daripada, katakanlah, kartu nama, mereka biasanya membutuhkan sedikit lebih banyak kemahiran desain untuk mendapatkan yang benar. 

Jadi, selagi kamu bisa mencoba menangani desain brosur Anda sendiri, sebuah desain brosur khusus biasanya bernilai investasi. 

Dan kabar baiknya? Setelah Anda memiliki brosur yang dirancang, tidak perlu memulai proses desain dari awal (atau membayar untuk desain lain) ketika saatnya untuk mempromosikan sesuatu yang baru. 

Sebagai gantinya, Anda dapat dengan mudah menukar foto dan teks untuk menyorot produk yang berbeda, memperbarui kode penawaran untuk mencerminkan promosi yang akan datang, atau mengubah tanggal untuk mencerminkan acara Anda berikutnya.

0 Response to "5 Hal Materi Bisnis Untuk Marketing Yang Wajib Ada"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia