11 Tips Digital Marketing Freelance yang Wajib Diketahui

11 Tips Digital Marketing Freelance yang Wajib Diketahui

Tips Digital Marketing Freelance
 

Digital marketing freelance sedang populer atau booming untuk beberapa waktu sekarang. Tidak heran, karena visi menjadi diri sendiri, bekerja dari belahan dunia mana pun sangat bisa.

Situasi dengan pandemi 2020 telah memberikan dorongan tambahan untuk pertumbuhan pasar freelancer yang sudah cepat, hambatan masuk rendah dan persaingan meningkat.

Agar berhasil memasuki dunia kerja digital marketing freelance, kami menyiapkan langkah-langkah berikut yang akan membantu Anda dalam mempelajari tips digital marketing freelance untuk meningkatkan penjualan secara online.

Rekomendasi Digital Marketing Freelance Terbaik

1.  Pastikan Ini Yang Anda Inginkan

Ada gambar romantis yang beredar, tentang pemasar digital lepas yang berkeliling dunia dan minum koktail di pantai atau mendaki gunung dengan laptop di ransel mereka. 

Dan saya tidak akan mengatakan itu terlalu jauh dari kebenaran. Karena kebenaran yang sulit adalah jika saya harus memilih satu hal yang membuat pekerjaan lepas menjadi hebat, itu adalah kemampuan untuk bekerja dari mana saja dan memilih kapan harus bekerja.

Manfaat lain seperti tidak menghabiskan waktu dan uang untuk bepergian atau memilih proyek Anda tidak perlu diragukan lagi.

Namun, ada lebih dari hal-hal ini daripada yang terlihat. Sangat mungkin bahwa ketika Anda akan memulai (dan di tahun-tahun mendatang) Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu dalam pekerjaan Anda daripada ketika Anda bekerja.

Fakta lain yang sangat benar adalah bahwa lepas bukan untuk semua orang. Sementara beberapa mungkin menemukan kebahagiaan karena tidak harus bangun pagi untuk mengejar perjalanan mereka atau dibatasi oleh aturan berpakaian tertentu, yang lain dapat menemukan ini mengerikan.

Lalu ada juga aspek keterlibatan dengan orang lain. Dan keamanan gaji tetap. Mari kita hadapi itu. Tidak semua orang bisa mengatakan tidak untuk itu. Itu sebabnya tip pertama saya untuk pemasar digital freelance adalah memastikan ini yang Anda inginkan.

Seimbangkan kelebihan dan kekurangan dan putuskan apakah ini gaya hidup Anda sebelum Anda membuat keputusan drastis seperti meninggalkan pekerjaan harian Anda.

2.  Persiapkan Diri Anda untuk Perspektif yang Berbeda

Sekarang setelah Anda memutuskan untuk menjadi pertunjukan satu orang, inilah saatnya untuk belajar bertindak seperti itu. Anda harus siap untuk mengatasi rintangan, gangguan, keraguan. Anda akan dihadapkan dengan itu lebih cepat daripada nanti, jadi kencangkan sabuk pengaman.

Memiliki keyakinan bahwa Anda bisa sukses adalah tip terbaik untuk pemasar digital freelance yang bisa saya berikan kepada Anda. Karena dari situlah semua yang Anda butuhkan untuk menjadi sukses berasal.

Anda adalah orang Anda sendiri sekarang, bos Anda sendiri, dan penguasa domain Anda. Pikirkan hal-hal dari perspektif ini daripada membiarkan diri Anda terseret oleh keraguan dan ketakutan akan ketidakpastian. Sudah pernah dilakukan sebelumnya jadi pasti Anda bisa melakukannya juga.

Ketika Anda seorang pemasar digital lepas, Anda harus selalu aktif dan aktif. Setidaknya di awal, sampai Anda membuat nama untuk diri sendiri. Anda harus mengadopsi ini sebagai gaya hidup baru Anda. Tidak ada lagi 'Saya mengambil hari pribadi' atau 'Saya akan terlambat 30 menit, saya sedang minum latte sekarang'.

Anda dapat menikmati latte setelah selesai menyiapkan karir lepas Anda dan Anda memenangkan beberapa bisnis yang serius.

Anda adalah bisnis Anda sendiri ketika Anda seorang freelancer. Jadi, setiap sudut yang Anda potong akan mencerminkan kesuksesan Anda. Bukan milik orang lain. Ingatlah hal itu saat Anda bergerak maju dan biarkan ini menjadi motivator bagi Anda untuk membangun diri Anda sebagai merek yang kuat.

3.  Temukan Niche Anda

Seromantis persona digital marketing freelance, Anda harus ingat bahwa persaingan itu sulit.

Menemukan sesuatu yang membedakan Anda adalah yang terpenting. Mulailah dengan mengevaluasi pengalaman kerja Anda sebelumnya dan keterampilan Anda secara keseluruhan untuk  menemukan ceruk pasar Anda . Menemukan benang merah juga dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri untuk mengejar ceruk tertentu. 

Dan, sudah memiliki beberapa pengalaman di bidang tertentu juga harus datang dengan mengetahui orang-orang yang termasuk dalam lingkaran itu dan dapat membantu Anda memulai karir pemasar digital lepas Anda.

Jika Anda tidak memiliki pengalaman sebelumnya, teliti pekerjaan digital marketing freelance lepas yang berbeda dan lihat mana yang lebih menarik bagi Anda. Apakah ada hal khusus yang menarik perhatian Anda? Sesuatu yang Anda lebih suka lakukan? Mungkin Anda memiliki beberapa keterampilan yang belum Anda dapatkan yang dapat Anda gunakan sekarang.

Anda bisa sangat pandai menulis salinan. Anda bisa mengerti teknologi. Atau, memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang pemasaran media sosial daripada yang lain. Apa pun itu, itu harus menjadi sesuatu yang Anda nikmati dan sesuatu yang Anda kuasai. Atau kombinasi keduanya, idealnya.

Sekaranglah waktunya untuk mengumpulkan semua sumber daya Anda dan menyempurnakan sumber daya yang akan membuat Anda maju sebagai pemasar digital lepas.

Setelah Anda mengidentifikasi serangkaian keterampilan, lihat berapa banyak permintaan yang ada untuk keterampilan tersebut. Potong yang tidak perlu untuk menyempurnakan penawaran Anda lebih jauh.

4.  Menemukan Target Pasar Anda

Poin berikutnya untuk digital marketing penulis lepas, banyak yang tidak benar.

Anda mungkin tergoda untuk menggabungkan semua keahlian Anda dan mencoba menjual diri Anda kepada semua orang sekaligus. Ini mungkin berlawanan dengan intuisi tetapi mempersempit keahlian Anda serta audiens target Anda adalah cara terbaik untuk melakukannya. 

Jika ada satu keahlian khusus yang Anda kuasai, sertakan itu di profil Anda untuk menarik perhatian klien tertentu.

Tempatkan diri Anda pada posisi klien Anda. Mereka mungkin tidak tahu banyak tentang digital marketing freelance dan mungkin itulah alasan mengapa mereka mencari seorang spesialis. 

Jadi, ketika mereka mencarinya, mungkin sulit untuk mengetahui pekerja lepas mana yang dapat melakukan pekerjaan terbaik untuk kebutuhan mereka. Sekarang, di sisi lain, jika Anda memasarkan diri Anda sebagai pemasar digital lepas untuk ceruk pasar mereka, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan itu.

Misalnya, jika mereka adalah perusahaan farmasi yang mencari pakar pemasaran media sosial, mereka akan cenderung memilih Anda jika profil media sosial, presentasi, atau situs web Anda merekomendasikan Anda sebagai “pemasar digital lepas yang berspesialisasi dalam pemasaran media sosial” daripada dari sekedar “pemasar digital”. 

Mendefinisikan siapa Anda cukup baik akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih spesifik daripada tersesat di lautan pemasar yang menawarkan layanan umum.

Anda juga dapat menggunakan lokasi, ukuran perusahaan, atau industri untuk mempersempit jenis klien yang Anda targetkan.

5.  Pasarkan Diri Anda

Apakah Anda tahu cerita tentang pembuat sepatu tanpa sepatu? Itulah tepatnya yang perlu Anda hindari. Menjadi pemasar dengan merek yang lemah.

Cara Anda memasarkan diri sendiri akan memainkan peran besar dalam cara klien potensial melihat Anda. 

Dan apakah mereka menginginkan layanan Anda atau tidak. Maksud saya, jika Anda tidak bisa memasarkan merek Anda sendiri, bagaimana Anda bisa memasarkan merek mereka?

Investasikan dalam membuat profil bisnis Anda, situs web Anda, presentasi Anda seprofesional dan dapat dipercaya. Lakukan hal-hal yang akan meningkatkan dan membangun kredibilitas Anda.

Bahkan jika Anda memulai dari yang kecil dan Anda tidak memiliki portofolio yang besar, Anda tetap dapat melakukan hal-hal untuk menarik perhatian yang tepat. Pertama, mulailah dengan lingkaran dalam dan koneksi profesional Anda. 

Pada saat yang sama, atur profil profesional Anda di situs web media sosial seperti  LinkedIn  atau situs web lepas seperti  Upwork .

Selanjutnya, bercabang ke ceruk atau industri tertentu yang Anda pilih dan bergabunglah dengan grup industri. Mulailah atau bergabunglah dalam percakapan mereka dan tunjukkan bahwa Anda memiliki sesuatu untuk dikatakan. 

Berikan tips ahli dan bantu mereka memahami bagaimana mereka dapat memperoleh manfaat dari bekerja dengan pemasar digital lepas seperti Anda.

Jika Anda memiliki sarana untuk itu, buat  desain halaman arahan yang terlihat profesional  dan berikan klien potensial rasa apa yang dapat Anda lakukan untuk membedakan bisnis mereka. Beli domain yang sederhana dan to the point dan siapkan email profesional Anda. 

Buat blog atau dan gunakan pemasaran konten untuk menarik lalu lintas dan dibagikan di media sosial. Posting secara teratur dan bahkan berikan e-book untuk pelanggan daftar email Anda.

Luangkan waktu untuk menyempurnakan promosi penjualan Anda dan membuat beberapa strategi untuk karir digital marketing freelance Anda dalam jangka panjang.

6.  Buat Portofolio

Hal pertama yang akan Anda dengar dari klien potensial adalah "Dapatkah Anda menunjukkan kepada kami contoh pekerjaan Anda sebelumnya?". Anda harus siap untuk pertanyaan itu.

Kita bahkan dapat mengatakan bahwa keterampilan lebih penting daripada pencapaian yang dapat Anda tunjukkan. Anda bisa menjadi pemasar digital top, tetapi jika Anda tidak dapat menunjukkan proyek sebelumnya di mana Anda berhasil mencapai pertumbuhan atau tujuan terkait lainnya – itu tidak ada gunanya.

Jadi pastikan Anda sudah memiliki satu atau lebih proyek yang bisa Anda tampilkan sebagai referensi Anda. Ini juga merupakan ide yang baik untuk pertama-tama mulai mengerjakan  proyek sampingan  sambil bekerja penuh waktu di tempat lain. 

Ketika Anda telah menyelesaikan beberapa proyek di waktu luang Anda  Anda dapat beralih ke langkah kedua yaitu menjadi pemasar digital penuh waktu.

Ketika Anda akan melakukan pitching kepada klien, itu akan menjadi dorongan besar jika Anda dapat menunjukkan apa yang Anda lakukan untuk situs web lain. Atau bahkan bisa menjadi proyek Anda sendiri yang menerapkan berbagai ilmu digital marketing yang Anda peroleh.

Tak perlu dikatakan bahwa jauh lebih mudah untuk membenarkan biaya tinggi Anda ketika Anda dapat menggambarkan bahwa Anda telah berhasil melakukan hal yang sama untuk orang lain atau untuk diri Anda sendiri.

7. Pelajari Tols yang Tepat

Seperti dalam lini bisnis apa pun, Anda harus menyiapkan tols. Untuk digital marketing, set tols akan bervariasi, tetapi ada beberapa dasar yang harus Anda ketahui.

  • Analisis . Google Analytics jika teman Anda di sini. Ada pilihan lain tetapi mulailah dengan yang ini. Ini gratis, mudah diakses, dan sangat populer. Instal di situs Anda dan mainkan sedikit sampai Anda dapat menemukan semua yang Anda butuhkan dengan beberapa klik.
  • Iklan Berbayar . Iklan Google, Manajer Iklan Facebook, Iklan Pinterest menjadi akrab dengan platform ini. Coba luncurkan iklan untuk situs Anda. Membuat iklan sekali akan memberi Anda banyak wawasan yang dapat Anda kembangkan lebih lanjut.
  • SEO . Pergi melalui blog Ahrefs, seperti banyak posting, video, dan panduan yang Anda dapat ke dalam diri Anda. Ini akan memberi Anda dasar SEO yang bagus dan cara mencapai hasil.
  • Web . Ada banyak pilihan tetapi sedikit dasar-dasar HTML dan pengetahuan dasar WordPress akan membantu Anda memahami bagaimana semua bagian berinteraksi satu sama lain.
  • Rancangan.  Photoshop, Canva, dan banyak lainnya mungkin alat pilihan Anda untuk itu. Anda perlu mengedit gambar dan membuat visual dari waktu ke waktu, jadi pastikan Anda terbiasa dengan setidaknya satu alat.
  • Manajemen tugas. Notion, Slack, Google Tasks beberapa untuk grup dan beberapa untuk penggunaan pribadi. Tidak perlu menghabiskan banyak waktu di sini, ketahuilah bahwa alat-alat ini ada.
  • Marketing Email . Aweber, Convertkit, GetResponse, dan banyak lagi. Buat akun percobaan, buka antarmuka, berkenalan dengan otomatisasi, ledakan email, dll.

Bergantung pada ceruk dan sudut tertentu yang ingin Anda ambil, Anda akan kurang memperhatikan atau lebih memperhatikan beberapa alat yang Anda lihat di sini. Tetapi tentu saja disarankan untuk memiliki setidaknya pemahaman keseluruhan tentang semuanya, agar Anda tidak lengah.

8.  Menemukan Pelanggan

Menjadi pemasar digital lepas berarti Anda memiliki jangkauan tempat yang hampir tidak terbatas di mana Anda dapat memasarkan layanan Anda. Dan sementara itu hebat, itu juga bisa terasa menakutkan. Seperti, dari mana Anda memulai? Apa saja tempat terbaik?

Mari kita lihat beberapa opsi paling populer, hanya untuk memberi Anda beberapa ide.

Jika layanan Anda melayani industri tertentu dengan baik, sebaiknya fokuskan upaya Anda untuk memasarkannya di sana. Anda dapat melakukan ini di LinkedIn, dengan menggunakan kontak Anda atau dengan bergabung dengan organisasi industri dan menghadiri lokakarya dan seminar mereka.

Ada juga beberapa situs web lepas yang dapat Anda gunakan untuk memulai karir Anda. Salah satu opsi yang populer adalah Upwork, seperti yang disebutkan di atas. Anda dapat menggunakan situs ini untuk membuat profil dan menemukan pekerjaan yang tepat untuk Anda dengan menyaring posting pekerjaan tergantung pada keahlian Anda dan kriteria lainnya. 

Persaingan mungkin sulit karena ada jutaan pengguna terdaftar. Tetapi Anda dapat memulai dari yang kecil, membangun kredibilitas, dan meningkatkan tarif Anda dan pendapatkan lebih banyak pekerjaan dari waktu ke waktu.

Jika Anda telah menginvestasikan waktu untuk menyempurnakan nada bicara Anda, inilah saatnya akan terbayar. Anda dapat membuat lamaran pekerjaan Anda menonjol jika Anda meneliti beberapa praktik terbaik dan menerapkan beberapa (atau sebagian besar) kiat yang ditawarkan situs web.

Tip saya adalah jangan takut untuk menunjukkan kepribadian Anda dan bersikap terbuka. Jangan membuat promosi Anda tentang Anda, tetapi tentang manfaat yang dapat diperoleh klien ketika mereka memilih layanan Anda.

Anda juga dapat menggunakan platform media sosial lain untuk mempromosikan diri Anda. Facebook adalah pilihan yang baik. Selain itu, Anda dapat membuat nama untuk diri sendiri di situs web seperti Quora dengan menjawab pertanyaan umum tentang digital marketing.

Hal terakhir dalam hal ini pastikan untuk membuat pelanggan itu berulang. Gunakan setiap  strategi retensi pelanggan yang  ada, karena lebih mudah untuk berulang kali bekerja dengan pelanggan yang sama (tentu saja menumbuhkan basis Anda) daripada mencari yang baru setelah setiap proyek.

9.  Mengatur Tarif Anda

Anda harus dapat menemukan keseimbangan yang baik antara tingkat keahlian Anda dan pendapatan yang akan membayar sewa Anda di akhir bulan.

Sebagai seorang freelancer, Anda bisa dibayar dengan tarif per jam, berdasarkan proyek, komisi, atau dengan biaya tetap.

Beberapa penelitian kuno yang baik akan membantu Anda menemukan tarif yang sesuai untuk keahlian Anda dan klien potensial Anda. Di Upwork, misalnya, Anda dapat melihat profil pemasar digital lepas seperti Anda dan memeriksa tarifnya. 

Memantau umpan pekerjaan Anda juga akan memberi Anda gambaran yang cukup bagus tentang apa yang bersedia dibayar oleh klien.

Anda juga dapat meneliti situs web pesaing dan melihat bagaimana mereka menetapkan harga paket layanan yang berbeda.

Di mana pun Anda memasarkan diri, ada satu tip untuk pemasar digital lepas yang harus Anda gunakan. Jangan membuat  kesalahan negosiasi gaji yang sama  jelaskan dengan jelas tentang layanan Anda dan biaya setiap komponen. 

Klien akan menghargainya dan itu juga akan membantu Anda menghindari kesalahpahaman. Tetapkan tonggak pembayaran untuk menjaga arus kas Anda tetap berjalan dan tetapkan tenggat waktu yang realistis.

10.  Kembangkan Jadwal yang Jelas

Di sinilah hal-hal bisa salah dalam dua arah yang sangat berbeda.

Salah satunya adalah membiarkan diri Anda terganggu. Bekerja dengan piyama Anda saat anjing Anda duduk di pangkuan Anda itu menyenangkan. Tapi, itu juga sesuatu yang akan mengirim sinyal yang salah ke otak Anda.

Sekali lagi, tip saya adalah menganggap diri Anda sebagai bisnis. Bertindak profesional bahkan ketika tidak ada orang di sekitar untuk melihat Anda. Ini akan memberi Anda pola pikir yang benar untuk menyelesaikan sesuatu dan menjadi efisien. 

Di sisi lain, jangan jatuh ke dalam perangkap bekerja sepanjang waktu hanya karena tidak ada jadwal yang ditetapkan. Beri diri Anda waktu untuk bernapas dan rileks untuk menghindari kelelahan.

Ini membawa saya ke arah yang salah kedua kurangnya penjadwalan dapat membawa Anda. Antusiasme freelancer digital marketer Anda bisa dengan mudah lepas kendali jika Anda tidak hati-hati. Jika Anda melihat klien mengantre untuk mendapatkan layanan Anda, jangan mengambil semua pekerjaan hanya karena Anda merasa harus melakukannya. 

Saring dan pastikan ada cukup waktu dalam sehari untuk semuanya. Jika tidak, Anda akan kehabisan tenaga atau mengacaukan pekerjaan Anda. Atau keduanya.

Jika ada hal-hal yang membutuhkan outsourcing atau otomatisasi, jangan ragu untuk menggunakannya untuk membuat hidup Anda lebih mudah dan memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik untuk pelanggan Anda.

Rencanakan hari Anda, rencanakan pekerjaan Anda. Pastikan Anda tetap teratur, ini adalah tip pemasar digital freelancer yang dapat menyelamatkan hidup dan karir Anda.

11.  Terus Perluas Jangkauan Anda

Memulai mungkin sulit dan begitu Anda mencapai tingkat keberhasilan tertentu, Anda mungkin tergoda untuk berpuas diri.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk karir digital marketing freelance Anda adalah terus mendorong. Percayalah padaku. Selalu ada cara baru untuk menyempurnakan keterampilan Anda atau cara baru untuk mengembangkan cabang dan mendapatkan lebih banyak bisnis. 

Digital marketing adalah niche yang sangat dinamis. Sayang sekali jika tidak memanfaatkannya.

Saran saya untuk Anda adalah terus belajar. Tetap up to date pada berita dan tren industri. Belajar dari orang lain. Hubungi dan tetap terhubung dengan orang-orang yang dapat membantu Anda mengidentifikasi cara baru untuk berkembang.

Akhirnya, Anda mungkin bisa menulis e-book atau buku nyata tentang digital marketing. Atau buat webinar. Semakin banyak Anda berinvestasi dalam membangun kredibilitas dan merek Anda, semakin jauh Anda dapat mengambil karir digital marketing freelance Anda.

Kesimpulan

Jangan percaya pada video di mana orang-orang mengatakan bahwa mereka bekerja selama beberapa jam sehari dari jarak jauh semua berkat pekerjaan lepas. Segera Anda akan menemukan bahwa lepas bukan hanya pekerjaan seperti yang lain itu jauh lebih memakan waktu dan stres. 

Tidak ada jaring pengaman, dan tidak ada yang akan mengirimi Anda gaji di akhir bulan. Semua keberhasilan dan semua kegagalan hanyalah milik Anda sendiri.

Meskipun itu mungkin terdengar menakutkan, itu juga alasan yang sama mengapa freelance dan digital marketing freelance sangat memuaskan. Anda menciptakan nilai hanya dari keahlian Anda, Anda dapat melihat hasil langsung dan Anda melaporkan hanya kepada diri Anda sendiri.

Pelan-pelan, mulailah mengerjakan proyek portofolio dan ketika semuanya sudah siap dapatkan klien pertama Anda dan lakukan dengan kecepatan penuh!

0 Response to "11 Tips Digital Marketing Freelance yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia