Materi Bisnis : Teknik Mudah Menjual Produk Mahal?

Tags

Teknik Mudah Menjual Produk Mahal?
Teknik Mudah Menjual Produk Mahal?? - Dari sekian banyaknya keberatan yang dilakukan oleh pelanggan, Saya yakin alasan akan keberatan harga yang paling membuat para penjual menjadi stuck.

Sebagai contoh, misalnya Anda menemui situasi dimana calon pembeli berkata:
"Mas, yang ini berapa harganya?."

Ketika Anda selesai memberi jawaban, mereka berkata,
"Kok, Harganya mahal banget!!"

Dari contoh diatas pernah yang ada ngalamin??

Baca juga : Pengen Investasi di Pasar Modal? Simak Rumus Sukses KSW ala Lukas Setia Atmaja

Sebenarnya jika diteliti lebih lanjut, apakah produk tersebut memiliki harga yang mahal ataukah produk tersebut benar-benar "mahal"? Jawabnya Tergantung. Hal tersebut Lagi-lagi soal persepsi setiap orang.

Hal tersebut sama ketika menjelaskan soal ukuran Besar atau Kecil, Banyak atau Sedikit, Mahal atau Murah, itu semua akan tergantung dengan apa dibandingkan dan apa yang ada dalam persepsi setiap orang dan pasti persepsi setiap orang berbeda-beda.

Seagai contoh, uang 300ribu. Menurut Anda, Uang tersebut besar atau kecil?
Kalau pas berlebih uang 300ribu, pasti kecil....

Tapi kalau pas disuruh sedekah 100ribu, besar...
Benar, kan? Udah ngaku aja... :p

Dari kasus diatas, sama dengan halnya persepsi: MAHAL atau MURAH.

Tergantung persepsi dari orang yang akan membelinya.

Selanjutnya yang menjadi pertanyaan, Bagaimana cara kita menjual produk yang harganya mahal?

Atau lebih tepatnya, apa yang harus kita lakukan ketika menjual produk yang menurut calon pembeli itu mahal?

Sebelum menjawab itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang 3 alasan kenapa calon pembeli TIDAK membeli produk yang kita tawarkan:


1. Calon Pembeli Tidak MAMPU Membelinya


Kasus seperi ini seringkali yang sering dijumpai. Dimana mereka tidak cukup memiliki uang untuk bisa membeli produk yang Anda tawarkan. Uang di kantong mereka sedikit, atau bisa dibilang kere. Bisa jadi mereka memang bukan target market ideal market Anda


2. Calon Pembeli Tidak MAU Membelinya


Kasus selanjutnya, Biasanya calon pembeli melakukan alasan-alasan yang tak terucap. Dimana calon pembeli menggunakan alasan tersebut karena mereka memang tidak ingin membeli atau menginginkan produk Anda.


3. Produk Anda Terlalu Mahal


Namun dalam kasus selanjutnya. Yang menjadi tantangan adalah dimana calon pembeli bisa mendapatkan produk serupa dari kompetitor Anda dengan harga yang lebih murah. Kalau calon pembeli bisa membeli produk yang persis dengan produk yang Anda tawarkan dengan harga lebih murah, ini bisa jadi masalah untuk Anda. Karena calon pembeli cenderung akan lebih memilih membeli kepada pesaing Anda dibanding produk yang Anda tawarkan.

Dari 3 alasan yang sudah diuraikan diatas, mana yang paling mungkin untuk bisa Anda closing??

Ya. Fokuslah pada nomor 3.

Inilah yang disebut dengan keberatan Skeptis. Dimana mereka belum teredukasi dengan manfaat dari produk yang Anda tawarkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, saat Anda menghadapi orang-orang yang mengalami keberatan soal harga, yang perlu Anda lakukan adalah:

Pertama, Ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan dari calon pembeli. Selanjutnya hindari memberi informasi harga terlalu cepat. Misal Anda bisa memberi pertanyaan, "Sebelum berdiskusi soal harga, apakah saya boleh mengajuakan beberapa pertanyaan untuk memastikan produk ini benar-benar cocok untuk Anda??".

Kedua, Jangan sampai salah menyampaikan soal harga. Anda bisa mengatakan sinonim untuk menyampaikan harga yang Anda inginkan. Sebagai contoh jika harga produk Anda rendah, Anda bisa mengatakan produk itu TIDAK MAHAL, bukan mengatakan MURAH. Namun jika Anda ingin mengatakan "Murah", Anda bisa menggunakan kata lain seperti "Terjangkau" atau "Spesial".

Ketiga, Edukasi calon pembeli dengan gila-gilaan soal manfaat dari produk yang Anda tawarkan. 

Langkah terakhir, Anda bisa gunakan teknik closing : TANYA BALIK

Seperti contoh, "Apakah Anda sudah membayangkan apa yang harus Anda lakukan saat ini??""

Okey?

Seperti yang kita ketahui, menjual produk mahal memang cukup menantang dan butuh kesabaran. Tapi kalau sudah closing karena memang sudah tahu caranya, itu akan sangat membanggakan, bukan?

Kesimpulan dari materi di atas adalah: "Sebenarnya Tidak Ada Harga yang Mahal, yang Ada Hanya Calon Pembeli yang Belum Teredukasi dengan Produk yang Anda Tawarkan".

Baca juga : Strategi Bisnis More Traffic More Cuan


www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon