Pengertian dan Perbedaan Model Bisnis B2B,B2C,C2C,C2B,B2G dan G2C

Pengertian dan Perbedaan Bisnis B2B,B2C,C2C,C2B,B2G dan G2C


1. B2B (Business to Business)


B2B merupakan kegiatan transaksi bisnis yang dilakukan oleh pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya secara elektronik. B2B sendiri menggunakan metode pertukaran data atau dokumen, dimana dokumen bisnis kedua belah pihak bahkan lebih akan disalin menggunakan aplikasi komputer dengan ketentuan yang telah disepakati. Ketentuan-ketentuan yang telah disepakati tersebut disebut EDI (Electronic Data Interchange) yang digunakan dalam pertukaran data yang berkaitan dengan permintaan dan pengiriman proposal bisnis.


2. B2C (Business to Consumer)


B2C merupakan aktifitas bisnis dengan menggunakan media elektronik yang dilakukan antara produsen kepada konsumen secara langsung (e-bussines). Kegunaan utama dari penggunaan model bisnis B2C adalah mempermudah konsumen dengan cara konsumen dapat melakukan pemesanan apa yang diinginkan secara langsung kepada produsen, karena produsen sudah mencantumkan harga-harga produk yang dijual. Contoh dari penerapan model bisnis B2C adalah Electronic Cash dan Secure Payment System.

Baca juga : Lo Kheng Hong, investor Untung Rp 10 Miliar Dalam Satu Hari


3. C2C (Consumer to Consumer)


C2C merupakan kegiatan transaksi bisnis yang dilakukan oleh konsumen bisnis kepada kepada konsumen bisnis lainnya. Penggunaan model bisnis C2C dapat dilakukan secara langsung tanpa adanya perantara karena sudah banyak aplikasi yang menyediakan fasilitas yang mempermudah dalam kegiatan bisnis C2C. Contoh dari penerapan bisnis C2C adalah aktifitas bisnis dengan menggunakan apikasi bukalapak, tokopedia, kaskus dan sebagainnya.


4. C2B (Consumer to Business)


C2C merupakan kegiatan transaksi bisnis dimana konsumen berhasil menciptakan suatu karya atau nilai yang selanjutnya karya atau nilai tersebut diterapkan atau digunakan dalam bisnis. Kegunaan dari model bisnis C2B adalah sebuah bentuk apresiasi kepada konsumen dalam dunia bisnis.


5. B2G (Business to Government)


B2G merupakan turunan dari kegiatan bisnis menggunakan model B2B. B2G sendiri digunakan dalam pemasaran produk bisnis yang mencakup pemasaran (marketing) melalui teknik komunikasi kepada instansi-instansi pemerintah. Contoh dari penerapan model bisnis B2G adalah branding, iklan dan promosi-promosi lainnya. 

Baca juga : Uang Bukan Segalanya (Tapi Semua Butuh Uang), Apa Maksudnya??


6. G2C (Government to Consumer)


G2C merupakan aplikasi yang digunakan pemerintah (Goverment) untuk berinteraksi dengan masyarakat melalui aplikasi dan melakukan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan dari penerapan model bisnis G2C adalah mendekatkan layanan pemerintah dengan rakyat melalui aplikasi dengan harapan masyarakat dapat dengan mudah menjangkau pemerintah untuk mendapat pelayanan sebagaimana mestinya. Contoh dari penerapan model bisnis G2C adalah website PLN, BPS dan PDAM yang dapat diakses melalui internet. 

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon