Ingin Merdeka Dari Jeratan Hutang?? Perhatikan Tips Berikut

Ingin Merdeka Dari Jeratan Hutang

Merdeka Dari Jeratan Hutang. Jeratan hutang merupakan momok bagi sebagian orang, banyak yang merasa gelisah karena hutang yang dimiliki tidak kunjung selesai. Membayar hutang sendiri merupakan sebuah kuwajiban yang harus dibayarkan oleh peminjam dengan tempo yang telah ditetapkan atau yang telah disepakati sebelumnya.   

Jeratan hutang yang dialami biasanya timbul dikarenakan oleh kegagalan dalam mengolah keuangan, baik mengolah keuangan untuk usaha maupun keuangan keluarga yang dilakukan. Untuk menghadapi berbagai masalah karena hutang, perlu tips yang tepat dalam mengola keuangan dengan tujuan mempercepat untuk keluar dari jeratan hutang atau merdeka dari hutang. 

Salah satu cara paling familiar dan efektif untuk mengelola hutang yang bisa digunakan dalam menerapkan strategi cepat keluar dari jeratan hutang adalah dengan tidak membuat angsuran hutang bulanan lebih dari 30% dari gaji yang dihasilkan disetiap bulannya. Namun cara tersebut belum sepenuhnya ampuh dalam mengatasi berbagai persoalan-persoalan terkait dengan hutang.

Selain menggunakan cara failiar tersebut, ada beberapa tips lain yang bisa dikombinasikan dengan cara diatas untuk mempercepat merdeka dari jeratan-jeratan hutang. Berikut adalah tips lain yang bisa membuat kita merdeka dari jeratan hutang:


1. Mencari Uang Tambahan


Kata bijak mengatakan bahwa "jika kamu ingin memiliki kondisi keuangan yang sehat, ada dua cara yang bisa untuk dilakukan yaitu dengan berusaha menambah penghasilan atau dengan meminimalisir jumlah pengeluaran". Menambah penghasilan sendiri sangat diperlukan untuk mencukupi bagian-bagian dana yang terkuras untuk digunakan mengangsur hutang bulanan.  

Bagi yang sudah memiliki pekerjaan utama, tidak ada salahnya untuk mencoba menambah pengasilan dengan melakukan pekerjaan tambahan. Namun dengan catatan, waktu dan porsi yang digunakan dalam mencari dana tambahan harus disesuaikan dengan tujuan agar tidak mengganggu pekerjaan utama.


2. Sesuaikan Gaya Hidup


Keinginan untuk tampil menonjol dibanding dengan yang lain merupakan hal yang manusiawi, namun memaksakan diri untuk tampil mewah melebihi kemampuan merupakan bukan keputusan yang bijak. Malah keputusan untu selalu terlihat mewah tersebut akan menimbulkan bernagai masalah baru dimasa yang akan datang. 

Usahakan untuk bijak dalam memilih gaya hidup dengan menyesuaikan gaya yang dimiliki dengan besaran penghasilan yang didapat disetiap bulannya. Hal tersebut bertujuan agar gaya hidup yang dipilih tidak membebani pengeluaran Anda hanya untuk memenuhi kebutuhan gengsi gaya hidup semata.


3. Mengurangi Asset


Salah satu cara yang paling ampuh untuk cepat keluar dari jeratan hutang adalah dengan mengurangi aset yang dimiliki, seperti contoh menjual asset berupa emas, deposito, reksadana dan asset lainnya. Namun dalam menjual atau mengurangi asset perlu sebuah pemikiranyang tenang diseratai dengan perhitungan akan untung rugi yang akan didapat.

Jangan karena emosi dan kalut dengan tujuan ingin cepat keluar dari jeratan hutang malah akan menimbulkan masalah atau kerugian lainnya dikemudian hari. Apabila sudah mantap untuk mengurangi asset, pertimbangkan asset yang dianggap sekiranya dapat segera diganti serta dapat memberikan manfaat.


4. Komitmen Membayar Hutang


Selalu tanamkan kepada diri untuk selalu membayar hutang tepat waktu, dan apabila terjadi masalah yang harus dibicarakan (negosiasi permasalahan hutang), jangan ragu untuk membicarakan kepada  pihak yang memberi hutang dengan tujuan membangun kridibiltas dan kepercayaan sebagai pihak yang telah diberi hutang. 

Dengan membangun komunikasi secara intens, dapat menghindari prasangka-prasangka negatif yang ditimbilkan oleh perbedaan pandangan dan miss komunikasi antara pihak yang memberi hutang dan pihak yang diberi hutang.

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon