Pengen Investasi di Pasar Modal? Simak Rumus Sukses KSW ala Lukas Setia Atmaja

Simak Rumus Sukses KSW ala Lukas Setia Atmaja

Rumus Sukses KSW Lukas Setia Atmaja. Banyak para investor saham yang masih merasa bingung dalam bermaian saham di pasar modal, terutama dialami oleh para investor pemula.

Kebanyakan dari mereka terlalu terpaku oleh data-data teknikal saja dan selanjutnya terjebak menjadi investor jual-beli tanpa mendapatkan keuntungan yang di inginkan.

Diungkapkan oleh salah satu akademisi saham, Lukas Setia Atmaja mengungkapkan. Hal tersebuat biasa diakibatkan oleh beberapa hal, terutama oleh ketidaktahuan para investor atau mereka memang tidak memiliki keterampilan dalam berinvestasi dan mengolah saham. 

Lukas melanjutkan, bahwa kebanyakan dari meraka hanya berinvestasi menggunakan model investasi yang biasa disebut dengan investasi nilai. Investasi nilai merupakan model investasi saham yang mendorong para investor untuk tidak takut membeli suatu saham yang harganya berada di bawah nilai.

Selain itu, ia menambahkan ada beberapa aspek yang harus selalu diperhatikan dalam bermain saham, seperti sebelum membeli saham harus selalu mengenali perusahaanya terlebih dahulu. Apakah perusahaan tersebut dikelola oleh orang yang tepat atau tidak.

Lukas juga menambahkan, setidaknya ada tiga rumus kunci yang dapat membantu para investor saham untuk mencapai kesuksesan. Lukas menyingkatnya dalam tiga abjad yakni KSW.

"Yaitu K untuk knowledge, S untuk skill dan W untuk wisdom," ungkap Lukas Setia Atmaja.

Baca juga : Prinsip Lo Kheng Hong, Warren Buffett-nya Indonesia


1. Knowledge


Lukas mengungkapkan, Knowledge meliputi tentang pengetahuan dasar mengenai pasar saham, seperti mengetahui profil perusahaan, kinerja perusahaan dan pengenalan prospek ekosistem industri.

Dengan mengetahui knowlege, diharapkan para  investor jangan sampai salah membeli saham perusahaan yang tidak mengedapankan good corporate governance atau biasa disebut saham perusahaan bodong.

Disamping itu, para investor harus mengedepankan kemampuan serta mempunyai kemampuan untuk membaca data-data ekonomi, seperti laporan keuangan perusahaan dan sebagainya.

Menurut lukas, dari pemahaman membaca data-data ekonomi (laporan keuangan), investor diharapkan bisa menemukan saham-saham yang memiliki profit tinggi dari perusahaan-perusahaan under value yang berpotensi turnaround di masa depan.

Ia juga menambahkan, laporan keuangan merupakan salah satu bahasa investasi yang seharusnya dijadikan sebagai dasar investasi, terutama bagi investor yang menggunakan model investor nilai.  


2. Skill


Selain membutuhkan Knowledge, para investor juga harus mempunyai skill yang mumpuni dalam bermain saham. Skill yang dibutuhkan dalam bermain saham meliputi kemampuan melakukan riset, kemampuan melakukan analisa saham secara detail serta kemampuan mengedepankan rasionalitas kritis dalam mengambil keputusan.

Selain itu, kemampuan untuk mengolah semua informasi yang diterima sebelum  mengambil keputusan merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuksesan investor saham.

Baca juga : Lo Kheng Hong, investor Untung Rp 10 Miliar Dalam Satu Hari


3. Wisdom


Tidak hanya selalu mengandalkan kemampuan seperti knowledge dan skill, para investor yang telah terbukti sukses mendapatkan keuntungan dari investasinya juga memiliki sikap komitmen dalam menjalankan investasinya.

Para investor harus mampu bersabar, dapat mengontrol emosi, serta harus percaya diri dalam berbagai kondisi. Ia juga menambahkan bahwa widom merupakan tahapan yang paling sulit dibanding dengan knowledge dan skill.

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon