Uang Bukan Segalanya (Tapi Semua Butuh Uang), Apa Maksudnya??

Uang Bukan Segalanya Tapi Semua Butuh Uang, Apa Maksudnya??

Uang Bukan Segalanya. Saat ini, siapa sih yang tidak ingin mempunyai uang yang banyak?? Pasti jawabannya hampir semua orang ingin mempunyai uang yang sangat banyak. Apalagi di masa-masa perkembangan ekonomi seperti saat ini, dimana uang memiliki peran yang penting dalam menyukupi segala kehidupan sehari-hari.

Dengan mempunyai uang yang banyak, kita bisa membeli barang-barang mahal yang kita sukai tanpa harus berfikir kehabisan uang. Bahkan uang juga bisa menjadi alasan yang paling masuk akal dalam mengerakkan manusia.

Dengan alasan mendapatkan uang kita rela melakukan apapun, pergi pagi pulang petang hanya untuk mengejar yang namanya uang. Bahkan ada yang rela meninggalkan keluarga demi mendapatkan uang.


Semua Butuh Uang


Apakah Anda setuju dengan kata "semua membutuhkan uang"?? 

Pasti diantara kalian ada yang setuju dengan kata-kata tersebut dan ada juga yang tidak sependapat. Hal tersebut sangat lumrah, karena semua manusia memiliki kebebasan dalam berfikir dan berpendapat serta kebebasan dalam menentukan masa depannya.

Namun Pernahkah Anda membayangkan bagai mana jika Anda tidak mempunyai uang sama sekali. Apa yang akan Anda lakukan??

Pasti Anda akan merasa kebingungan bukan, kenapa saya bisa menyimpulkan seperti itu?? 

Karena saat ini, hampir semua aktivitas dan kebutuhan yang kita lakukan membutuhkan uang, seperti halnya makan dan minum yang merupakan kebutuhan pokok yang kita lakukan setiap hari.

Kita harus membeli makanan dan minuman untuk mendapatkan makanan dan minuman yang sesuai kita inginkan, tentu membeli makanan dan minuman haruslah menggunakan uang.

Mungkin ada yang bertanya, kan bisa memasak sendiri?? Memang, jika memasak sendiri akan mengehemat uang yang dikeluarkan. Namun juga harus mengeluarkan uang untuk membeli bahan-bahan makanan untuk dimasak juga.

Mungkin ada yang bertanya juga, kan bisa menanam sendiri bahan-bahannya?? iya, tapi bukannya kita juga harus membeli bibit bahan-bahan makanan tersebut.

Pada intinya dalam aktivitas kebutuhan sehari-hari kita harus mengeluarkan uang untuk menjalani aktivitas tersebut.

Ditambah jika berbicara mengenai keinginan, bisa dipastikan semuanya membutuhkan uang atau biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi keinginan manusia tidak memiliki batas kepuasan, pastinya akan banyak uang yang akan dikeluarkan.

Seperti halnya keinginan untuk shopping, mendapat gadged baru, kendaraan baru, wisata ke luar negeri dan keinginan lainnya pasti juga harus mengeluarkan uang.  

Dalam segi ini, mungkin kita sependapat bahwa semua kegiatan yang kita lakukan sehari-hari selalu membutuhkan uang. Namun dalam kasus lain, ada beberapa keadaan dimana keadaan tersebut tidak bisa dibeli menggunakan uang.

Baca juga : Menganalisa Perbedaan Kebutuhan Dan Keinginan


Uang Bukan Segalanya


Jika di fikir dengan seksama, ada beberapa kasus yang tidak bisa di beli oleh apapun, termasuk tidak bisa dibeli dengan uang. Berikut contoh hal yang tidak bisa di beli oleh uang:


1. Waktu.


Hal pertama yang akan kita bahas adalah waktu, mengkin ada yang bertanya, kenapa waktu bisa masuk dalam hal yang tidak bisa dibeli oleh uang?? waktu yang bagai mana yang di maksud??

Jawabannya adalah bisakah anda kembali ke masa lalu, mungkin jawaban tersebut terdengar sangat konyol. 

Namun apabila saya berbalik bertanya, apakah Anda ingin memperbaiki kesalahan-kesalahan dimasa lalu Anda?? Kira-kira apa yang akan Anda jawab dari pertanyaan saya tersebut??

Apakah Anda akan menjawab, saya tidak pernah melakukan kesalahan dimasa lalu?? Sebelum Anda bertanya dengan pertanyaan tersebut, yang harus Anda ketahui adalah setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dimasa lalunya, baik kesalahan besar maupun kesalahan yang sepele.

Pada hakikatnya, manusia ingin kembali kemasa lalu untuk memperbaiki kesalahan-kesalahannya dimasa lalu. Namun sekeras apapun ia berusaha dan sebesar apapun uang atau biaya yang ia keluarkan, manusia tidak bisa kembali kemasa lalu.

Manusia hanya bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang ada masa lalu, dan berharap dimasa yang akan datang menjadi lebih baik lagi, oleh sebab itu pergunakanlah waktu dengan bijak. 


2. Kesehatan


Buat apa punya uang banyak jika tidak bisa menikmatinya, buat apa banyak uang tapi sakit-sakitan. 

Mungkin benar, jika dengan uang yang banyak kita bisa berobat kemana saja dan bisa memilih dokter yang paling hebat. Tapi apakah Anda ingin sakit meski uang Anda banyak??

Mungkin dari sini mungkin kita akan bersepakat bahwa uang tidak bisa membeli sebuah kesehatan. Kesehatan adalah anugerah dari meha pencipta yang tidak bisa digantikan oleh apapun.

Kesehatan harus kita jaga dengan meluangkan waktu untuk berolahraga, joging bahkan dengan bersosialisasi dengan keluarga atau kerabat juga bisa menjaga kesehatan.

Kerja keras itu baik, namun jika dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk jangka panjang. Luangkan waktu untuk beristirahat serta luangkan waktu untuk berkumpul dengan mereka yang Anda kasihi.


3. Ilmu Bermanfaat


Mungkin banyak yang bertaya, kenapa ilmu termasuk kedalam hal yang tidak bisa dibeli menggunakan uang?? Kan ilmu bisa di dapat dari belajar??

Jawabannya, belajar kan juga membutuhkan uang, uang digunakan untuk membeli buku, membeli pulpen, serta peralatan-peralatan belajar lainnya juga harus dibeli menggunakan uang.

Terus apa bedanya dengan ilmu??

Ilmu yang saya maksud adalah ilmu yang bermanfaat dan bisa menghasilkan. Contoh gampangnya adalah karya seni atau lukisan, mungkin semua orang bisa menggambar, tapi apakah semua orang bisa menggambar dengan bagus dan berkualitas??

Pasti jawabannya tidak.

Mungkin orang yang banyak uang bisa membeli karya lukisan yang sangat berkualitas, namun orang tersebut tidak bisa membeli ilmu melukis yang berkualitas bukan.

Ilmu bisa datang dari mana saja dan kapan saja, bahkan tanpa sekolahpun bisa mendapatkan ilmu.Tapi tidak semua orang bisa mendapatkan ilmu yang sama.

Ada yang harus berjuang demi mendapatkan ilmu, ada juga ilmu yang seolah-olah ilmu sendiri yang datang kepada seseorang karena bakat. 

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon