Profil Erick Thohir Pengusah Muda Sukses

Profil Erick Thohir Pengusah Muda Sukses

Profil Erick Thohir - Semenjak resmi ditunjuk sebagai ketua tim kampanye nasional (TKN) pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam pemilihan presiden 2019, nama Pengusaha sukses Erick Thohir semakin populer di telinga masyarakat indonesia.

Jokowi menegaskan, Terpilihnya nama Erick Thohir sebagai ketua TKN tidak terlepas dari kesuksesan yang ia dapat dalam menjalankan setiap bisnis yang ia geluti, serta pengalaman dan kemampuan manajerial yang sangat mumpuni.

Sebelum resmi terpilih menjadi ketua TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin, sosok Erick Thohir lebih dikenal sebagi seorang pengusaha sukses yang bergerak dalam bidang media dan entertainment di bawah bendera PT Mahaka Media Tbk. 

Selain itu, anak dari Teddy Thohir ini juga mulai populer ketika menjadi perbincangan ketika ia resmi membeli klub Inter Milan yang merupakan salah satu klub sepakbola tersukses yang berbasis di Italia.  

Terakhir sebelum terpilih menjadi ketua tim kampanye nasional (TKN) pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir dipercaya sebagai ketua  Organizing Committe (INASGOC), yaitu sebuah badan yang mengelola Asian Games 2018 yang digelar di Indonesia.

Baca juga : Motivasi Sukses Dari Eka Tjipta Widjaja


Sekilas tentang Erick Thohir


Terlepas dari berbagai prestasi yang sangat membanggakan, Erick Thohir lahir dari keluarga pengusaha pada tanggal 30 Mei 1970 di Jakarta dari pasangan Teddy Thohir dan Edna Thohir. Serta mempunyai dua saudara yakni Garibaldi Thohir dan Rika Thohir.

Ayah dari Erick Thohir yakni Teddy Thohir, merupakan salah satu pendiri dari Grup Astra International yang beliau bangun bersama William Soeryadjaya. Sedangkan Saudara Erick Thohir yakni Garibaldi Thohir, lebih memilih membangun usaha dalam bidang energi dan pertambangan di bawah bendera Adaro.


Pendidikan


Dalam bidang pendidikan, Erick Thohir mendapat gelar sarjananya (Bachelor of Arts) di Glendale University, selanjutnya melanjutkan program Masternya di Universitas Nasional California dengan memilih bidang Administrasi Bisnis (Master of Business Administration) pada tahun 1993.

Meskipun lahir dari keluarga pengusaha, Erick Thohir tidak memilih untuk mengelola bisnis keluarganya dan memilih mandiri dengan mendirikan usahanya sendiri.


Karir Bisnis


Selepas menyelesaikan pendidikannya,  Erick Thohir bersama bersama dengan teman-temannya seperti Wisnu Wardhana, Muhammad Lutfi dan R. Harry Zulnardy merintis bisnis mereka dengan mendirikan Mahaka Group yang bergerak dalam bidang media dan entertainment.

Untuk meeningkatkan performan usahanya, pada tahun 2001 Mahaka mengakuisisi harian Republika yang tengah mengalami krisis keuangan dan diambang kebangkrutan.

Saat ini Mahaka menjadi salah satu media yang terbesar di Indonesia dengan berbagai bisnis yang dikelola, seperti koran Republika, Harian Indonesia, majalah Golf Digest, stasiun televisi Jaktv, dan media online republika.co.id.

Mahaka juga memiliki unit bisnis dalam bidang properti dan marketing seperti Mahaka Advertising, Cardplus, dan Alive! Indonesia dan PT Gamma Investa Lestari, yang merupakan pemilik dan pengelola Sport Mall Kelapa Gading.

Baca juga : Sukses Ala Jack Ma


Bisnis Olahraga


Salah satu kesuksesan Erick Thohir yang mencuri perhatian publik adalah, ketika ia berhasil membeli salah satu klub terbesar di Lliga Italia yaitu Inter Milan senilai 350 juta euro atau dengan kurs saat itu setara Rp 5,3 triliun pada tahun 2013.

Namun pada tahun 2016, Erick Thohir menjual mayoritas saham kepemilikan Inter Milan ke kelompok bisnis asal China, Sunning. Sebelum memiliki Inter milan, Erick Thohir juga memiliki klub sepak bola yang berlaga liga Amerika Serikat dan Kanada, DC United.

Selain memiliki klub sepakbola, Erick Thohir juga pernah menjadi pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers. Didalam negri juga mendirikan dan memiliki klub bola basket Satria Muda pada 1993.

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon