8 Cara Hemat Mengolah Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Tags

Hemat Mengolah Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Cara Hemat Mengolah Keuangan Selama Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi umat muslim. Untuk menjalani ibadah selama bulan Ramadhan dengan lancar, penting untuk mempersiapkan segala kebutuhan sejak jauh-jauh hari, mulai dari fisik, mental dan keuangan.

Meskipun pada bulan Ramadhan aktifitas makan berkurang karena berpuasa, namun bukan berati pengeluaran bisa langsung ditekan. Bahkan bagi sebagian orang, pengeluaran pada bulan Ramadhan malah bisa semakin membengkak dari bulan biasanya.

Hal tersebut biasa diakibatkan oleh mahalnya biaya makan yang harus dikeluarkan untuk berbuka, serta ajakan makan bersama di luar yang menjadi salah dsatu faktor utama meningkatnya pengeluaran pada saat bulan Ramadhan.

Ditambah dengan bahan-bahan makanan pokok yang mengalami kenaikan harga, terutama bahan-bahan pokok seperti beras, daging dan telur. Tentu hal tersebut membuat sedikit banyak memutar otak untuk mengolah keuangan pada saat bulan ramadhan.

Oleh sebab itu, pengelolaan keuangan di bulan Ramadan sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai jalannya ibadah terganggu oleh kendala-kendala keuangan. Berikut cara hemat mengolah keuangan selama bulan ramadhan :


1. Konsisten dengan Anggaran Reguler


Meski kebutuhan di bulan Ramadhan memiliki perbedaan dengan bulan lainnya, namun usahakan pengeluaran reguler tetap dijalankan dengan teratur seperti pada bulan-bulan lainnya. 

Seperti mempersiapkan anggaran investasi, tabungan, tagihan bulanan dan pengeluaran sehari-hari. Tentukan dan alokasikan dana menurut prioritasnya masing-masing.

Namun jangan lupa untuk mempersiapkan dana sepesial, seperti berbuka di luar bersama teman-teman dan berbagai aktifitas lainnya dibulan Ramadhan . Baut perencanaan untuk sebulan dengan jelas dan masuk akal tanpa membebani pos keuangan Anda. 


2. Mempersiapkan Cadangan Bahan Makanan 


Sudah menjadi rahasia umum, ketika memasuki bulan Ramadhan beberapa jenis makanan pokok mengalami kenaikan harga yang cukup melonjak. Terutama pada daging dan telur yang bisa melonjak sampai lebih dari 50% dari harga awal.

Tentu kenaikan tersebut dirasa sangat memberatkan konsumen. Karena akan membuat pengeluaran menjadi semakin bertambah dan akan mengganggu post pengeluaran lainnya.

untuk mengantisipasi mahalnya kebutuhan harian, usahakan untuk menyiapkan beberapa kebutuhan jauh-jauh hari sebagai cadangan. 


3. Manfaatkan Promo Khusus Bulan Ramadhan


Memasuki bulan Ramadhan, biasanya banyak toko-toko yang berlomba mendatangkan pengunjung dengan memberikan promo diskon khusus bulan Ramadhan terhadap beberapa produknya, umumnya yang sering kita jumpai adalah pusat perbelanjaaan.

Namun bukan hanya pusat perbelanjaan saja yang memberikan promo diskon murah pada saat bulan Ramadhan, bahkan beberapa rumah makan, toko baju anak-anak, toko perlenkapan hari raya juga memberikan promo diskon yang bisa kita manfaatkan.

Dengan memanfaatkan promo selama bulan Ramadhan, sedikit banyak akan membantu mengurangi pengeluaran kita. Dari dana yang tersisa tersebut bisa digunakan untuk membantu pos-pos kebutuhan yang lainnya. 


4. Buat Anggaran Spesial


Selain harus mempersiapkan kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi, pada bulan Ramadhan juga harus mempersiapkan untuk anggaran spesial seperti membeli pakaian baru, membeli atau membuat kue lebaran, memberi hadiah bagi sanak saudara serta kegiatan mudik.

Tentu anggaran kegiatan spesial bulan Ramadhan tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit, perlu persiapan dan perhitungan yang bijak agar berjalan dengan lebih teratur.

Manfaatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan untuk membantu pos-pos yang sekiranya mengalami kekurangan dana, buat perencanaan yang matang dengan membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

Baca juga : Menganalisa Perbedaan Kebutuhan Dan Keinginan


5. Cermat Memilih Tempat Berbuka


Setelah seharian menjalankan ibadah puasa, berbuka bersama dengan teman-teman kantor atau keluarga terdekat di restoran ternama memang sangat menyenangkan. Meski menyenangkan, kegiatan tersebut akan membuat pengeluaran menjadi membengkak apabila sering dilakukan.

Oleh sebab itu, bijaklah dalam memilih tempat berbuka, tidak perlu harus berada di restoran mahal. Ingat masih ada biaya-biaya lain yang harus ditanggung selama bulan ramadhan.

Namun Anda masih bisa memanfaatkan berbagai promo yang disediakan oleh rumah makan. Selain bisa berbuka bersama dengan kerabat dan keluarga, Anda juga bisa sedikit berhemat untuk kebutuhan lainnya.


6. Persiapkan Biaya Mudik


Bagi yang sedang merantau, berkumpul dengan sanak keluarga di kampung halaman adalah hal sangat dinantikan. Selain digunakan sebagi media bersilaturahmi, mudik biasa digunakan untuk melepas kangen dengan keluarga di kampung halaman.

Namun karena hampir semua orang berfikiran sama, setiap menjelang lebaran tiket transportasi pasti mengalami kenaikan kelangkaan tiket, baik transportasi udara, air bahkan trasportasi darat juga mengalami kenaikan harga.

Untuk lebih menghemat biaya, usahakan untuk memesan tiket jauh-jauh hari agar mendapat tiket yang lebih murah serta da[at menghindari kehabisan tiket, apalagi ketika menjelang hari H pasti tiket susah didapat karena membludaknya penumpang. 

7. Persiapan Hari Raya


Mendekati hari H, semua kebutuhan Hari Raya harus segera disiapkan, seperti kebutuhan kue lebaran, baju baru untuk anak-anak, hadiah lebaran, parcel dan lain sebagainya. 

Tentu semua kebutuhan tersebut membutuhkan banyak bianya yang harus dikeluarkan, apalagi mendekati hari H semua kebutuhan melonjak naik. Perlu persiapam dan kecermatan dalam mengolah keuangan supaya semua kebutuhan terpenuhi.

Agar semua berjalan dengan lancar, usahakan untuk mencicil kebutuhan tersebut dari bulan sebelumnya. Supaya ketika mendekati lebaran tidak terlalu keberatan karena biaya yang harus dikeluarkan.


8. Sisihkan Rezeki untuk Zakat Fitrah


Hal yang tidak kalah pentingnya dalam membuat perencanaan keuangan pada bulan Ramadhan adalah melakukan ibadah zakat fitrah. Dengan memberikikan zakat dapat membantu saudara-saudara yang kurang beruntung.

Zakat tidak selalu menggunakan uang, Anda bisa membantu mereka dengan memberikan beras, baju yang layak pakai dan sebagainya. Dengan membantu sesama diharapkan ibadah yang telah dijalankan menjadi lebih khusuk.

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon