Belajar Dari Filosofi Padi, Semakin Berisi Maka Akan Semakin Merunduk

Tags

Belajar Dari Filosofi Padi, Semakin Berisi Semakin Merunduk

Filosofi Padi. "Semakin berisi, maka akan semakin merunduk". 

Filosofi Padi sendiri mengajarkan kita untuk selalu mempunyai sifat bijaksana, rendah hati dan tidak sombong apabila diberi kelebihan. Serta berusaha memahami kondisi orang lain yang mungkin lebih rendah statusnya, baik dari sisi ekonomi, kehidupan sosial dan pendidikannya.

Mungkin hampir semua orang pernah mendengar atau mengetahui filosofi yang satu ini. Namun dari sekian banyak yang mengetahui, hanya sedikit yang mengamalkan dari filosofi ini.

Hal tersebut dibuktikan dengan seringkali kita menemui orang-orang yang mempunyai ilmu yang hebat atau rezeki yang melimpah, namun malah menyalah gunakan apa yang ia miliki hanya untuk mendapatkan apresiasi dari orang lain serta menyombongkan diri.

Padahal esensi dari filosofi ilmu padi ini mengajarkan manusia untuk saling mencintai dan menghargai dengan satu sama lain, dengan tidak saling menjatuhkan hanya untuk kepentingan yang sesaat.

Seperti analogi tanaman padi yang ditanam oleh para petani. Pada saat awal ditanam padi selalu berwarna hijau, namun dengan berjalannya waktu, padi akan tumbuh semakin tinggi dan menguning dan akhirnya merunduk.

Baca juga : Cara Mendapat Uang Dengan Menulis Melalui Blog

Dari contoh diatas, ada beberapa hal yang kita bisa jadikan sebuah pelajaran dari tanaman padi ini. 

Seperti padi yang hijau menggambarkan karakter seseorang yang masih belum berpengalaman. Pada saat masih "hijau" merupakan waktu yang sangat tepat untuk terus berkembang dengan menambah ilmu dan wawasan.

Padi yang mulai menguning menggambarkan kematangan seseorang, kematangan seseorang dapat diukur dari tingkat emosional kedewasaan, tindakan, perilaku serta cara mengatasi rintangan yang sudah dihadapi.

Padi yang merunduk menggambarkan semakin dewasa dan semakin berilmu seseorang, maka akan semakin rendah hati serta lebih mengayomi terhadap orang lain tanpa harus menyombongkan apa yang ia miliki.

Selain itu berikut beberapa sifat yang bisa kita pelajari dari Filosofi Padi:

1. Rendah Hati


Seperti apa yang telah diberikan guru kita semenjak dibangku sekolah, tentang pentingnya sikap rendah hati. Karakter padi yang semakin berisi maka akan semakin merunduk bisa menjadi salah satu contoh.

Hal tersebut menjelaskan bahwa semakin banyak ilmu yang kita dapat, sebaiknya menjadikan pribadi yang lebih bijaksana, lebih dewasa secara emosional, serta perilaku yang lebih baik.

Bukanya malah menjadi sombong karena merasa lebih unggul dibanding dengan lainnya serta menonjolkan keunggalannya hanya demi popularitas saja.


2. Mementingkan Kepentingan Bersama


Pernahkah Anda melihat petani memanen padi ketika sebagian besar padinya belum menguning?? Pasti jawabanya petani tersebut akan mengurungkan niatnya dan menunggu ketika semua padinya telah siap panen.

Dari kasus diatas, kita dapat mengambil pelajaran bahwa pentingnya memiliki sikap kebersamaan dan memelihara kepentingan bersama tanpa memntingkan kepentingan individu saja. 

Apalagi dalam kegiatan bermasyarakat atau berorganisasi, dengan saling memahami kepentingan kebersamaan akan menjaga keharmonisan serta menjaga soliditas menjadi lebih erat.

Baca juga : Motivasi Sukses Jack Ma Alibaba


3. Fleksibel


Padi memiliki kemudahan dalam beradaptasi, tumbuhan yang satu ini bisa hidup dalam kondisi tanah yang kering maupun basah. Tentu dengan kemampuan tersebut mempermudah para petani untuk mengolah padi.

Namun sikap flesibel juga memiliki batasannya sendiri, seperti apabila ditanam dalam kondisi yang berlebihan, bisa dipastikan padi tersebut akan mati.

Hal tersebut mengingatkan kita untuk bisa bersosialisasi dengan siapa saja, tanpa memandang status atau golongan tertentu, namun dalam bersosialisasi juga harus memiliki batasan agar tidak terpengaruh dengan hal-hal yang dianggap buruk dan menjerumuskan. 


4. Bermanfaat 


Sebagai tanaman pangan, padi memberikan banyak sekali manfaat bagi manusia, bukan hanya berasnya saja yang bisa dimanfaatkan menjadi nasi untuk dikonsumsi, bahkan pohon padi dan kulit padipun bisa dimanfaatkan seperti pakan ternak.

Selain itu beras juga bisa diolah menjadi aneka masakan seperti Nasi, Ketupat, Bubur dan lain sebagainya, dari sini kita di ingatkan untuk memiliki banyak keahlian seperti halnya padi yang memiiki banyak manfaat.

Dengan memiliki banyak keahlian yang bermanfaat, maka akan menambah nilai kita dimata orang lain.  

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon