Pentingnya Membangun Rasa Percaya Diri Dalam Sebuah Bisnis

Pentingnya Membangun Rasa Percaya Diri Dalam Sebuah Bisnis

Pentingnya Rasa Percaya Diri. Pada dasarnya setiap orang memiliki peluang dan potensi yang sama untuk bisa menjalankan sebuah bisnis, namun hanya segelintir saja yang mau untuk memulai membangun bisnisnya.

Kebanyakan dari mereka masih menganggap bisnis itu memiliki resiko yang besar, persaingan yang ketat, tidak ada kepastian pendapatan, malas untuk melakukan ini itu dan berbagai alasan lainnya.

Begitu juga bagi yang baru menjalankan sebuah bisnis. Mungkin pada saat ingin membangun sebuah bisnis, mereka sangat semangat 45 merencanakan ini itu dan berjuang dengan sepenuh hati dengan harapan bisnisnya berjalan dengan lancar.

Namun dengan berjalannya waktu banyak persoalan-persoalan yang muncul menghampiri, seperti persaingan bisnis, kegagalan dalam berinovasi atau bahkan kekurangan motivasi dalam menjalankan bisnisnya.

Dalam step ini banyak para pelaku bisnis khususnya para pemula yang semangatnya mulai berkurang atau malah down duluan karana tidak percaya diri menghadapi tantangan-tantangan tersebut.


Menurut saya untuk menanggapi pernyataan diatas, rasa percaya diri mutlak harus dimiliki setiap pelaku uasaha. Kenapa wajib?? Karena dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi akan membangkitkan semangat yang tadinya down untuk bangkit kembali.

Selain itu dengan rasa percaya diri akan membantu memperbaiki kualitas tindakan untuk menghadapi berbagai masalah yang muncul. 

Rasa percaya diri bukan hanya diperlukan untuk menghadapi berbagai masalah saja, namun juga harus digunakan dalam setiap kesempatan, seperti pada saat bertemu client, pada saat melakukan strategy marketing atau bahkan pada saat menghadapi para pelanggan sakalipun.

Dengan rasa percaya diri ini menunjukkan bahwa kita mengerti dan menguasai dari apa yang bisnis lakukan, atau kualitas dari poduk/jasa yang dihasilkan dari bisnis kita.        

Tentu langkah ini akan memberikan kesan yang positif bagi para pelanggan atau client kita.

Berbeda kalau pebisnis tersebut tidak memiliki rasa percaya diri atau bisa dikatakan minder, apalagi pada saat bertemu dengan para client dan pelanggan kita.

Kira-kira apa yang difikirkan oleh client dan pelanggan tersebut??

Pasti kebanyakan dari client tersebut akan berfikir ulang apakah mereka akan melanjutkan untuk bekerjasama atau tidak. Begitu juga dengan pelanggan, pasti akan berfikir ulang, kalau yang buat saja tidak memahami dari kualitas yang dihasilkan lalu bagaimana dengan kualitas yang disuguhkan?? benar??


Dari masalah-masalah diatas dapat disimpulan bahwa rasa percaya diri itu sangat penting bagi kelangsungan sebuah bisnis.

Dangan rasa percaya diri akan membantu dalam memilih strategi apa yang akan digunakan serta mampu mengatasi rasa akan takut gagal tidak mudah putus asa, dan akan selalu merasa bahwa dirinya mampu serta tidak ragu-ragu dalam memecahkan masalah dan secara tidak langsung menunjukan kekuatan pebisnis tersebut. 

Namun setiap orang memiliki tingkat percaya diri yang berbeda-beda, perlu sebuah latihan untuk membiasakan serta mengasah mental kita untuk menggapai sebuah kesuksesan. Anda bisa menggunakan cara-cara berikut :


1. Perbaiki bahasa tubuh Anda.


Point pertama yang harus dilakukan adalah dengan memperbaiki bahasa tubuh atau gestur Anda, mungkin masih banyak yang menganggap ini adalah masalah yang sepele tapi menurut saya ini adalah point yang penting, kenapa??

Pada suatu waktu, kadang diri kita merasa tertekan oleh suatu hal yang mengakibatkan menjadi tidak berkonsentrasi dan sebagainya, hal tersebut kadang juga menimmbulan gestur-gestur yang tidak menguntungkan.

Sebagai contoh, pada saat orang merasa kurang percaya diri maka akan memperlihatkan gerakan-gerakan yang khas. Seperti berbicara menjadi terbata-bata, menggoyang-goyangkan kaki, gemetar dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana memperbaikinya??

Dalam kondisi apapun dan tekanan seberat apapun, usahakan untuk selalu tenang. Memang dikaui mendapatkan sebuah ketenangan dalam tekanan akan terasa sangat berat diawal, namun jika sudah terbiasa maka akan memberi banyak keuntungan, salah satunya adalah semakin meningkatnya rasa percaya diri meskipun dalam keadaan tertekan sekalipun.


2. Lakukan yang terbaik dan kurangi rasa khawatir.


Dalam perjalanan sebuah bisnis memang tak selalu berjalan dengan mulus. Terkadang banyak masalah yang datang yang menguji mental kita, mungkin bagi beberapa orang merasa wajar apabila merasa khawatir dan cemas akan kegagalan.

Namun terlalu khawatir akan berbagai resiko-resiko malah akan mengurangi rasa percaya diri Anda, munkin malah menimbulkan depresi.

Menerut saya, lebih baik untuk meminimalisir semua rasa khawatir tersebut dengan tetap fokus pada tujuan Anda  dan lakukanlah yang terbaik. Dengan demikian, Andak akan terus maju dan memperkuat mental Anda.

3. Buat pernyataan positif.


Seperti yang telah disampaikan diatas, yang dianjurkan untuk selalu tenang dan meminimalkan rasa khawatir. Langkah selanjutnya adalah dengan membuat pernyataan atau memberi arti yang lebih positif terhadap sesuatu yang dihadapi.

Dengan membuat pernyataan-pernyataan dan pemberian arti yang lebih positif, akan membantu menangkal energi negatif di sekitar Anda dan membantu meningkatkan rasa percaya diri kita.

Seperti contoh ketika merasa gugup akan melakukan presentasi dan mendapat hasil yang kurang memuaskan, 

Anda bisa memberi arti 'hari ini adalah pembelajaran yang sangat berguna bagi saya, berkat hari ini saya akan melakukannya lebih baik lagi'. pemberian arti seperti ini akan memicu kita untuk melakukan persiapan yang lebih matang dan melakukan tindakan yang lebih baik lagi.  

Berbeda jika memberi arti 'kegagalan ini sangat menyakitkan, aq tak akan mengulanginya lagi'. jika memberikan arti seperti itu kira-kira apa yang akan dihasilkan?? Sudah pasti akan mendapat sebuah kegagalan bukan. 



4. Lepaskan kesalahan kecil.


Semaua orang pasti pernah melakukan salah, dan itu adalah sebuah kebenaran dan Anda bisa mengatasinya. 

Sama perti ulasan mengenai pemberian arti yang lebih positif, anggap semua kesalahan dimasa lalu adalah pembalajaran untuk kita menjadi lebih baik lagi dan tetap fokus pada masa depan.

Dari berbagai pelajaran yang didapat akan membuat pengalaman Anda semakin meningkat dan secara tidak lansung membuat rasa percaya diri Anda menjadi lebih meningkat. 

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon