Kenali Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Franchise


Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Franchise

Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Franchise. Apakah Anda ingin memulai bisnis dengan sistem Franchise? Sebelum memulai bisnis Franchise atau yang biasa kita kenal dengan bisnis waralaba, Anda harus mengetahui apa keuntungan dan kekurangan bisnis Franchise itu sendiri sebelum memutuskan untuk terjun kedalam Bisnis Franchise.

Sistem yang digunakan dalam bisnis Franchise adalah  adanya ke dua belah pihak yaitu pemiliki usaha dan pelaku usaha yang saling bekerjasama untuk meraih sebuah keuntungan dengan kesepakatan yang telah ditentukan bersama dengan menggunakan prinsip bagi hasil.

Dimana pihak pemilik usaha memberikan bidang usaha kepada pelaku usaha serta memberikan pengawasan, bimbingan, sistem, dan bantuan berkelanjutan atau mentoring.

Baca juga : Cara Mencari Peluang Bisnis.

Pada saat ini, Perusahaan franchise sendiri sudah semakin berkembang dengan semakin menjamurnya bisnis franchise seperti dalam bidang mini market dan supermarket.

Sekilas bisnis franchise atau waralaba ini bisa menjadi salah satu bisnis alternatif yang sangat menguntungkan, didukung dengan banyaknya para pebisnis yang mencoba jenis bisnis ini.

Akan tetapi, dalam setiap bisnis pasti ada untung dan ruginya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan bisnis franchise:

Keuntungan bisnis franchise



#1. Manajemen Yang Sudah Teruji


Keuntungan yang pertama yang didapatkan oleh pelaku usaha waralaba atau franchise adalah tidak perlu memikirkan manajemen untuk menjalankan sebuah bisnis karena sudah ada manjemen yang disediakan oleh pemilik usaha.

Dengan ilmu dan pengetahuan yang belum memadai, Hal tersebut sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha yang baru belajar berbisnis. Karena dibantu dibuatkan manajemen yang telah terbukti berjalan dan telah teruji sebelumnya, tinggal bagai mana pelaku usaha tersebut menjalankannya.


#2. Sudah Dikenal Masyarakat


Selain memberikan kemudahan dalam segi manajemen, bisnis franchise juga cenderung lebih mudah diterima oleh masyarakat. Karena masyarakat sebelumnya sudah familiar oleh merk dagang yang Anda gunakan untuk bisnis.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu capek-capek mengenalkan produk dan mencari konsumen yang secara tidak langsung dapat meminimalkan biaya promosi produk.


#3. Dukungan Teknis Yang Memudahkan


Pemilik usaha juga selalu memberikan support kepada pelaku bisnis dengan memberikan manajemen finansial, pemasaran, periklanan dan lain lain sebagianya serta menyediakan berbagai peralatan yang dibutuhkan. 

Biasanya kemudahan-kemudahan tersebut diberikan oleh pemilik usaha kepada pelaku usaha satu paket karena membeli sebuah produk franchise atau waralaba.

Baca juga : Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis.


#4. Tidak Perlu Membangun Dari Awal


Jenis bisnis franchise atau waralaba sudah diatur sedemikian rupa dengan tujuan mempermudah pelaku usaha untuk memulai usahanya, mulai dari segi monitoring, mentoring juga menajemen usaha sudah disiapkan oleh pemilik usaha.

Hal tersebut sangat memudahkan para pelaku usaha karena tidak perlu membangun bisnisnya dari awal, kemudian tinggal bagaimana para pelaku usaha tersebut menjalankan bisnis tersebut. 


#5. Bisa Mendapat Untung Lebih Besar (Relatif)


Karena disokong oleh manajemen yang baik serta brand telah dikenal banyak masyarakat, hal tersebut menjadi salah satu faktor untuk memperoleh sebuah keuntungan yang lebih maksimal dari pada bisnis yang lainnya.

Namun kelebihan-kelebihan tersebut kembali kepada pelaku bisnis, apakah bisa memanfaatkannya atau tidak. 



Kekurangan Bisnis Franchise


Dalam setiap bisnis pasti juga memiliki banyak kekurangan, begitu juga dalam bisnis franchise, seprti:

#1. Biaya Yang Dikeluarkan


Untuk membeli/menggunakan bisnis franchise, para pelaku bisnis sebelumnya harus mengeluarkan biaya perjanjian yang telah disepakati. Biaya tersebut untuk digunakan mendapatkan alat-alat untuk memulai bisnis dan berbagai kemudahan lainnya.

Biasanya modal yang dikeluarkan juga akan lebih besar sesuai dengan kualitas merk dagang serta fasilitas yang diberikan. 


#2. Ketergantungan Pada Reputasi


Salah satu kekurangan bisnis franchise adalah memiliki ketergantugan kepada franchise lain yang satu merk dagang dalam segi reputasi bisnis. Hal tersebut terlihat pada saat ketika salah satu franchise melakukan kesalahan maka akan berimbas kepada franchise lainnya.

Tentu saja hal tersebut sangat merugikan, terlebih kesalahan tersebut bukan kita yang melakukan.

Baca juga : Kesuksesan Berasal Dari Niat


#3. Kurangnya Kendali


Pemberian majamen lengkap yang diberikan oleh pemilik usaha selain memiliki banyak manfaat, namun juga memiliki kekurang dari segi kurangnya kendali oleh pelaku bisnis dalam melakukan explorasi bisnisnya.

Karena semua sistem telah ditentukan oleh pemilik usaha dan tidak diperkenankan untuk mengubah produk atau sejenisnya. Kecuali ada perjanjian sebelumnya yang memperbolehkan dalam merubah (inovasi) produk yang telah diberikan.  


#4. Pemotongan Keuntungan


Dan salah satu faktor yang sangat merugikan dari bisnis franchise ini adalah pemotongan atau royalti yang diberikan kepada pemilik bisnis dari sebagian keuntungan yang telah didapatkan.

Tentu saja hal tersebut sangat merugikan dari sesi pelaku usaha, karena harus memberikan biaya tambahan selain biaya utama pada saat perjanjian pembelian bisnis franchise. Namun biaya tersebut tergantung isi perjanjian yang telah disepakati, apakah memiliki point royalty apa tidak.

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon