7 Cara Mengatasi Rasa Tertekan Dalam Diri dan Mendapat Ketenangan Hati

Tags

6 Cara Mengatasi Rasa Tertekan Dalam Diri dan Mendapat Ketenangan Hati
Rasa Tertekan
MateriBisnis.com - Setiap orang pasti pernah mengalami fase di mana pikiran terasa kacau karena menghadapi berbagai masalah yang dihadapi, baik dari masalah kecil maupun masalah besar yang dapat membuat pikiran kita menjadi tertekan.

Dari berbagai penelitian oleh para ahli yang telah dilakukan diberbagai dunia, yang mengungkapkan bahwa penyebab paling umum dari fikiran yang tertekan berasal dari berbagai sumber seprti masalah di tempat kerja, masalah keuangan, hubungan pribadi, kesehatan, dan masalah sehari-hari.

Bila ditelusuri lebih dalam, rasa tertekan yang sering muncul dapat menimbulkan berbagai masalah dan menciptakan risiko-risiko baru yang dapat menjadi masalah lebih buruk apabila tidak diatasi dengan seksama dan segera. Seperti membuat emosi kejiwaan menjadi tidak stabil yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ketika tekanan-tekanan yang dihadapi sudah mulai menimbulkan kecemasan yang berlebihan. Biasanya seseorang pasti akan kesulitan untuk berfikir jernih dan mengharapkan solusi instan yang dapat memecahkan masalah tersebut.  

Namun dalam keadaan fikiran yang tertekan, suatu solusi yang dihasilkan untuk memecahkan suatu masalah tidak bisa didapat dengan cara-cara yang instan, perlu ketenangan dan fikiran yang jernih untuk medapatkan solusi tersebut.

Berikut cara mengatasi rasa tertekan dalam diri dan mendapat ketenangan hati:


Tertekan Dalam Diri dan Mendapat Ketenangan Hati
Ketenangan Hati


1. Selalu Berfikiran Positif


Selalu usahakan selalu berfikir positif dalam setiap kondisi, meskipun saat ini Anda sedang mengalami banyak tekanan dan masalah yang harus dihadapi. Dengan pikiran yang selalu positif akan dapat membantu menstimulasi otak untuk mampu mengatasi berbagai masalah yang muncul.

Setidaknya dengan selalu berfikir postif akan membuat Anda untuk tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan dan menentukan solusi yang cocok untuk sebuah masalah tersebut.


2. Meditasi Sehat


Meditasi yang sehat dapat dilakukan dengan cara melakukan olah pernafasan dan sedikit melakukan pemanasan tubuh. Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu otak menjadi lebih berkonsentrasi serta dapat membersihkan pikiran dari hal-hal negatif. 

Selain itu medetasi juga dapat membuat saluran pernapasan lebih teratur, serta tekanan darah dan detak jantung menjadi normal, sehingga dapat membantu menurunkan kadar hormon stres secara signifikan.

Untuk mambantu meditasi Anda menjadi lebih nyaman, Anda bisa menambahkan aroma terapi yang bisa membuat suasana menjadi lebih nyaman dan lebih rileks.


3. Berbagi Cerita.


Berbagi cerita tentang masalah yang dihapi kepada seseorang yang dipercaya sangat berguna untuk mengurangi beban yang dialami. Meskipun tidak selalu memberikan solusi, setidaknya dengan Anda mengeluarkan unek-unek yang ada dalam diri Anda akan memberikan efek ketenangan dalam diri.

Hal tersebut didukung oleh banyaknya penelitian yang menyebutkan bahwa, orang yang lebih tertutup terhadap orang lain memiliki tingkat kerentanan yang lebih tingi terhadap stres dibandingkan orang yang lebih terbuka kepada orang lain.

Menurut saya, berbagi cerita dengan seseorang merupakan salah satu cara yang cukup efektif ketika fikiran dalam keadaan tidak tenang. Namun juga harus memperhatikan siapa yang diajak berbagi kisah, pastikan orang tersebut terpercaya dan bisa menyimpan rahasia Anda.


4. Rekreasi

Mungkin sudah banyak yang mendengar, ketika ada seseorang tidak sengaja melakukan kesalahan selalu mengumpat dengan kata-kata "Anda kurang piknik". Meski terdengar aneh, tapi mungkin itu memang benar-benar salah satu penyebabnya.

Bekerja terlalu giat memang baik, tapi dalam jangka waktu yang panjang akan menimbulkan efek-efek yang negatif dalam diri seperti keletihan dan beban dalam diri sendiri, serta tekanan-tekanan dalam pekerjaan.

Oleh karena itu, menenangkan diri dengan rekreasi merupakan salah satu cara yang paling efektif. Selain menjadikan pikiran menajadi lebih relaks, rekreasi bersama keluarga juga dapat mempererat hubungan antara anggota keluarga.


5. Olahraga

Selain menjadikan tubuh menjadi lebih sehat, ternyata olagaraga juga bisa meredakan rasa gelisan dari beban fikiran. Karena olahraga dapat membantu melepaskan hormon serotonin yang berfungsi meredakan emosi-emosi negatif.

Hal ini dikarenapkan pada saat tubuh berolahraga, tubuh akan mendapat oksigen yang lebih banyak dibanding pada saat tubuh merasa gelisah karena masalah yang dihadapi, oleh karena itu olah raga dapat membantu pikiran dan hati Anda akan merasa lebih tenang dan baik.


6. Tertawa

Apapun tekanan yang Anda alami, dengan tertawa akan membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang. Meski hanya memberikan efek yang sementara, namun dengan Anda tertawa dapat melupakan berbagai masalah yang dihadapi.

salah satu cara yang bisa membuat Anda tertawa adalah dengan mencoba menonton film dengan genre komedi. Selain dianggap bisa menghibur, dengan Anda menonton film genre komedi diharapkan Anda bisa tertawa dan melupakan berbagai masalah yang dihadapi.


7. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Banyak orang ketika dalam keadaan tertekan, lebih memilih untuk berusaha lari dari masalah yang dihadapi, padahal lari dari masalah malah akan menciptakan masalah baru. 

Ketika masalah datang kepada Anda, saat itulah tuhan menguji Anda dengan tujuan agar menjadi lebih baik. Percayalah bahwa dengan tekanan dan masalah yang datang, akan menjadikan Anda lebih baik dan menjadi salah satu media untuk mendekatkan diri kepada tuhan.

Dengan Anda lebih dekat kepada tuhan akan membuat hati dan fikiran menjadi lebih damai, karena telah menyerahkan masalah didunia kepada sang pencipta-Nya, dan dengan usaha yang kita lakukan dan bantuan-Nya masalah tersebut pasti bisa diatasi.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon