Cara Menganalisa Masalah Menggunakan Rumus 5H + 1W

Cara Menganalisa Masalah Menggunakan Rumus 5H + 1W

Cara Menganalisa Masalah. 
Dengan berjalannya waktu, lambat laun setiap bisnis pasti akan menemukan sebuah masalah. Entah masalah yang datang dari dalam bisnis itu sendiri seperti human error atau dari luar bisnis seperti persaingan usaha atau krisis ekonomi.

Dan untuk mengatasi berbagai sumber masalah, dibutuhkan sebuah strategi serta langkah-langkah yang dibutuhkan untuk membantu melakukan sebuah analisa. Hal ini bertujuan untuk mendefinisi suatu permasalahan dan membantu menemukan sebuah solusi yang tepat.

Menurut pribadi saya, salah satu cara yang paling tepat untuk menganalisa berbagai masalah adalah menggunakan rumus 5W + 1H. Selain berguna dalam membangun strategi untuk memenangkan sebuah persaingan bisnis, rumus 5W + 1H juga bisa membantu dalam menganalisa suatu permasalahan yang muncul.


Dalam penerapannya juga hampir sama dengan pembahasan sebelumnya, yaitu memenangkan pesaingan bisnis. Namun ada beberapa perbedaan kecil yang harus disesuaikan dengan masalah-masalah yang dihadapi.

Selain itu, kita harus mengetahui dan memahami hal-hal terkait yang dapat membantu melakukan proses analisa. Oleh sebab itu, dalam menemukan solusi yang tepat untuk menemukan akar permasalahan perlu menggunakan rumus pendekatan 5W + 1H.


What (Apa masalahnya?)


Dalam memecahkan sebuah masalah, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi sumber dari sebuah masalah. Dengan menjawab pertanyaan diatas, maka kita akan dituntut untuk megetahui keadaan yang sebenarnya.

Pada tahapan ini, diharapkan untuk bisa melihat suatu permasalahan dengan pandangan yang lebih obyektif berdasarkan data dan informasi-informasi yang telah dikumpulkan sebelumnya.


Why (Mengapa Masalah Bisa Terjadi?)


Dalam setiap masalah yang muncul, tentu ada penyebab yang mengakibatkan suatu masalah tersebut terjadi. Apakah terjadi karena human error atau karena faktor lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam mencari solusi yang tepat untuk masalah tersebut.

Guna menentukan solusi yang cocok, penting untuk melakukan analisa secara mendalam dipadukan dengan penyebab-penyebab pendukung lainnya yang menyebabkan terjadinya suatu masalah.


Where (Dimana masalah terjadi?)


Setelah mengetahui masalah apa yang dihadapi, langkah selanjutnya adalah mencari dimana masalah tersebut muncul. Karena berbeda tempat berbeda juga cara menyelesaikan suatu masalah yang muncul.

Serta selalu usahakan untuk mendefnisi suatu permasalahan dengan jelas dimana masalah tersebut berada, hal ini sangat berguna untuk mengantisipasi dan menganalisa apabila masalah tersebut muncul kembali.

When (Kapan Masalah Terjadi?)


Waktu juga sangat berpengaruh terhadap munculnya suatu masalah, apakah masalah muncul karena human eror atau muncul karena diluar kehendak, serta apakah masalah tersebut sudah sering terjadi atau hanya baru-baru ini saja.

Dalam penetapan waktu, usahakan untuk mencatat waktu permasalahan tersebut sedetail mungkin. Hal ini bertujuan untuk membantu mendefinisi suatu masalah yang muncul, sehingga dalam menyelesaikan permasalahan serta dapat menentukan solusi yang tepat.


Who (Siapa yang Tekena masalah?)


Dalam setiap masalah yang muncul, pasti memiliki dampak yang kurang baik kepada suatu bisnis. Untuk mempermudah siapa yang paling terkena masalah, kita dapat mengkategorikan kedalam beberapa bagian. Seperti dari segi kerugian, efek negatif dan lain sebaginya.

Dengan pengkategorian tersebut, dimaksudkan untuk mempermudah dalam menyelesaikan suatu masalah dari akar permasalahan tersebut. Serta solusi yang digunakan menjadi lebih tertarget langsung kepada mereka yang terkena masalah.


How (Bagaimana Cara Mengatasi Masalah?)



Ketika semua point-point diatas sudah terpenuhi, sekarang adalah waktunya action untuk mengatasi masalah-masalah yang sudah disimpulkan menggunakan strategi-strategi yang telah disusun sebelumnya.

Dari sini tinggal bagaimana cara Anda mengimplementasikan st tersebut dengan untuk memecahkan sebuah Anda. dan keberhasilan atau kegagalan memecah masalah tergantung bagaimana cara Anda untuk mengatasinya.

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon