Hubungan Bahasa Tubuh dan Kesuksesan

Tags

Hubungan Bahasa Tubuh dan Kesuksesan

Bahasa Tubuh dan Kesuksesan. Mungkin Anda bertanya-tanya apasih hubungannya mempunyai bahasa tubuh yang baik terhadap kesuksesan seseorang??

Memang tidak ada yang menjamin bahwa dengan mempunyai bahasa yang baik dengan kesuksesan atau dengan kata lain akan langsung sukses. Namun Menurut saya pribadi, dengan mempunyai bahasa tubuh yang baik akan semakin mendekatkan kita kedalam kesuksesan tersebut.


Untuk memperkuat argumen diatas saya akan memberikan contoh, pada saat pemilihan kepala divisi pada suatu perusahaan, kira-kira bos tersebut akan memilih karyawan dengan bahasa tubuh yang lugas, cermat dan cekatan atau memilih karyawan yang memiliki bahasa tubuh yang lemah, lesu tidak bersemangat dalam melakukan pekerjaannya??

Mungkin dari sisni Anda langsung bisa menjawab kira-kira mana yang akan dipilih oleh bos perusahaan tersebut untuk menjadi kepala divisi. Pasti yang akan dipilih adalah karyawan yang memiliki bahasa tubuh yang baik. Kenapa??

Karena bahasa tubuh merupakan salah satu reaksi otomatis yang dilakukan oleh tubuh untuk menggabarkan perasaan atau apa yang ada dalam fikiran seseorang. Dengan kata lain bahasa tubuh bisa menggambarkan kualitas dari seseorang tersebut.


Dari penjelasan kasus diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa bahasa tubuh merupakan salah satu faktor yang bisa membantu kita dalam mencapai sebuah kesuksesan.

Selain itu, bahasa tubuh yang baik juga dapat memberikan perbedaan yang besar ketika seseorang menilai kinerja dan kepridian kita. seperti memiliki kecakapan, daya tarik dan fikiran-fikaran yang positif.

Dikutip dari buku Silent Messages karya Dr Albert Mehrabian yang menjelaskan bahawa "tingkat kepercayaan informasi terhadap apa yang kita sampaikan kepada orang lain dipengaruhi oleh  :

  • 7% Kata-kata
  • 38% Nada Suara
  • 55% Bahasa Tubuh

Apabila ditelaah lebih lanjut, informasi akan lebih mudah tersampaikan dengan menggunakan komunikasi selain Bahasa/Kata-kata atau biasa disebut "PARALANGUAGE" yang menyumbang 93% dalam keberhasilan penyampaian informasi. Sedangkan kekuatan kata-kata hanya menyumbang 7% saja.

Atas dasar tersebut, dengan memperbaiki bahasa tubuh yang lebih baik diharapkan cara berkomunikasi menjadi lebih berkualitas dan efektif. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk melatih meningkatkan bahasa tubuh:

1. Kenali bahasa tubuh Anda


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui atau mengenali bahasa tubuh Anda, langkah ini bertujuan untuk menganalisa apakah bahasa tubuh kita sudah baik apa belum atau ada yang perlu diperbaiki.

Terutama pada hal-hal yang menyangkut bagaimana cara Anda duduk, cara berjalan, cara berbicara dan menggunakan kedua tangan bahkan tersenyum pun juga perlu Anda perhatikan.

Serta hindari gerak-gerik yang membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman, seperti menatap mata yang terlalu intens, menyilangkan kaki dan menyilangkan kedua tangan Anda.

Sebenarnya melakukan kontak mata pada lawan bicara sangat bermanfaat dalam membuat komunikasi menjadi lebih aktif, namun tetap harus dijaga. Jangan sampai menatap lawan bicara secara terus menerus, tentu saja hal tersebut mengakibatkan lawan bicara Anda menjadi tidak nyaman.

Usahakan kontak mata Anda tetap santai namun antusias terhadap apa yang lawan bicara Anda sampaikan, hal tersebut akan membuat lawan bicara Anda menjadi lebih nyaman dan merasa dihargai karena ucapannya didengar.

Mungkin pada saat melakukan kontak mata pertama kali akan timbul rasa tidak nyaman, khawatir dan sebagainya. Meski rasa tersebut mengganggu pikiran Anda, latihlah secara terus menerus dan bertahap sampai Anda merasa terbiasa.

Sama seperti kontak mata, pergerakan kaki dan tangan juga harus diperhatikan. Seperti pada saat berbicara berhadapan, sangat tidak etis apabila Anda menyilangkan kaki Anda, tentu saja lawan bicara Anda menjadi tidak nyaman dan menganggap Anda tidak sopan.

Mungkin cara tersebut terdengar sepele, namun bagaimana Anda berbicara, berjalan, menggunkan kedua tangan dan sebagainya menjadi salah satu patokan bagaimana mereka untuk mengenali bahasa tubuh Anda.


Baca juga : Mindset Sukses Berbisnis

2. Bayangkan diri Anda seperti yang Anda inginkan


Setelah proses mengenali bahasa tubuh telah dilakukan dan mendapat hasil apa yang kurang dari bahasa tubuh Anda, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membanyangkan diri Anda seperti apa yang Anda inginkan.

langkah ini bertujuan untuk mengamati dan membandingkan bahasa tubuh yang seperti apa yang Anda inginkan.

Seperti contoh dalam seuatu perusuhaan Anda atau organisasi atau apapun. Pasti ada karyawan yang paling menonjol dari pada karyawan lainnya seperti disayang bos, karir meningkat pesat dalam waktu singkat dan lain sebagainya.

Tentu saja, posisi tersebut menjadi idaman setiap orang, dan tentu sangat mengenakkan kalau menjadi seperti dia bukan. Anda juga bisa seperti karyawan tesebut dengan cara meniru bahasa tubuh dan cara berfikirnya.

Meniru dalam hal baik itu gk ada salahnya kok.


3. Berlatihlah


Pada dasarnya bahasa tubuh berjalan secara otomatis yang dikendalikan oleh pikiran bawah sadar, namun Anda tetap bisa melatihnnya untuk mendapat bahasa tubuh yang sesuai Anda inginkan.

Untuk melatih bahasa tubuh, memerlukan waktu yang tidak sebentar banyak fase yang harus dilalui sampai benar-banar seperti apa yang Anda inginkan.

Anda bisa memanfat media cermin untuk membantu mengetahui posisi tubuh Anda, apakah posisi tersebut sudah sesuai dengan yang Anda harapkan atau belum.

Latihan bahasa tubuh ini memang memerlukan waktu dan konsistensi yang cukup, namun apabila Anda sudah terbiasa bukan tidak mungkin Anda akan mendapat kesuksesan yang serupa.

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon