Alasan Dan Pentingnya berinvestasi Sejak Dini

Alasan Dan Pentingnya berinvestasi Sejak Dini

Pentingnya berinvestasi - Mungkin hampir setiap orang pernah mendengar atau membaca anjuran mengenai pentingnya berinvestasi sejak dini. Namun dari sekian anjuran yang telah didapatkan, banyak yang masih merasa ragu atau belum yakin apakah perlu melakukan investasi atau tidak.

Biasanya, hal tersebut karena sebagian besar masayarakat kita masih belum begitu mengerti akan pentingnya investasi sejak dini. Dan lebih memilih untuk menghabiskan dana yang didapat untuk kebutuhan lainnya.

Bahkan sebagian masyarakat masih menganggap kegiatan menabung secara konvesional dan investasi adalah bagian yang sama.

Baca juga : Cara Memulai Investasi Saham jangka Panjang


Sekilas perbedaan antara Menabung dan Investasi


Pada zaman dahulu, orang lebih suka menabung di celengan, dibawah kasur atau di bawah tumpukan pakaian, dengan berbagai alasan seperti lebih aman, bisa diambil kapan saja dan lain sebagainya.

Dengan berkembangnya zaman, saat ini hampir semua orang sudah mulai menabung dibank. Namun sadarkah Anda, hasil (bunga) yang kita dapatkan dari hasil menabung dibank tidak berbanding lurus dengan besarnya inflasi yang kita dapatkan di setiap tahunnya.

Sehingga apabila dibandingkan dengan kenaikan bahan-bahan pokok serta barang dan jasa, sebenarnya uang yang kita tabung mengalami penurunan nilai karena terdampak pada inflasi tersebut.

Sedangkan investasi dapat diartikan sebagai sebuah upaya mengeluarkan atau mengumpulkan sejumlah dana, baik dalam bentuk tenaga, waktu atau materi yang dilakukan saat ini untuk mendapatkan hasil (keuntungan) di masa yang akan datang.

Dan seiring dengan berjalannya waktu nilai yang kita invetasikan akan bertumbuh melebihi modal awal yang kita keluarkan, sehingga invetasi lebih berpotensi memberikan keuntungan yang lebih maximal dibandingkan dengan menabung secara konvensional.


Dikutip dari Robert G. Allen, bahkan orang kaya sekalipun masih perlu untuk berinvestasi untuk melindungi asetnya dari penurunan nilai yang diakibatkan oleh inflasi. 

Untuk membantu Anda memahami pentingnya sebuah investasi sejak dini, bayangkan Anda sedang merencanakan acara besar, seperti melaksanakan kegiatan ibadah, berlibur ke luar negeri beberapa tahun kedepan atau melanjutkan pendidikan anak dan acara besar lainnya.

Untuk melaksanakan acara tersebut, tentu tidak bisa direncanakan dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Perlu sebuah perencanaan yang matang dan baik untuk mempersiapkannya.
Dengan berinvestasi, apapun tujuan Anda dimasa depan, kita bisa mulai mempersiapkan semua kebutuhan tersebut dengan memanfaatkan dana yang kita miliki saat ini.  Berikut adalah alasan kenapa harus melakukan investasi sejak dini :


Mudah dan Bisa Dilakukan Dengan Dana Terbatas


Masih banyak yang beranggapan investasi selalu dikaitkan dengan proses yang rumit serta modal yang digunakan cukup besar. Padahal pada kenyataanya, investasi bisa dilakukan dengan dana yang terbatas dan dengan modal yang sangat minim.

Pada dasarnya investasi tidak perlu sebuah modal yang banyak, hanya perlu konsistensi menyisihkan sebagai kecil pendapatan setiap bulan untuk di investasikan.

Bahkan dalam intrumen invetasi reksadana, Anda sudah bisa memulai investasi dengan modal Rp 100.000 sampai Rp 250.000 saja. Tentu ini sangat meringankan bagi pegawai baru yang masih belajar menyisihkan uangnya.

Investasi di Reksadana juga sering dijadikan sebagai target untuk investasi, khususnya oleh para investor pemula yang belum memiliki pengalaman yang cukup tentang dunia investasi. 

Selain itu, reksadana juga memberikan fasilitas kepada para investor dengan memberikan Manajer Investasi yang mengelola dana yang Anda investasikan. 


Keuntungan Semakin Besar


Jika Anda memulai sebuah investasi sejak muda, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih besar, kenapa??

Sebagai contoh, Jika Anda memulai berinvestasi pada usia 20 tahun, berapa hasil investasi yang Anda akan dapatkan pada saat usia 40 tahun mendatang. Bandingkan jika Anda baru memulai pada saat usia 30 tahun. Maka hasil yang didapatkan juga berbeda jauh.

Selain itu, memulai investasi pada usia muda juga memiliki beberapa keunggulan seperti menjadi lebih produktif pada saat berinvestasi serta mempunyai waktu belajar yang lebih baik dan waktu yang lebih panjang dalam melakukan kegiatan investasi.


Mendisiplinkan Diri


Selain itu, melakukan investasi juga bisa membuat anda lebih disiplin dalam menjalankan segala aktifitas. Terutama pada usia-usia muda yang  memiliki banyak kebutuhan, seperti fashion, gadget, nongkrong dan lain sebagainya.

Apabila tidak pandai-pandai mengatur isi dompet, bukan tidak mungkin gaji 1 bulan tidak akan cukup untuk memenuhi semua kegiatan dan keperluan tersebut tanpa pernah melakukan investasi.

Untuk mengantisipasi kejadian seperti itu, lebih baik untuk melakukan investasi diawal bulan atau ketika baru saja mendapatkan gaji, langkah tersebut lebih efektif jika melakukan investasi di akhir bulan.

Lebih Cepat Menuju Kebebasan Financial


Bisa jadi tujuan akhir dari menjalan sebuah investasi adalah untuk mendapatkan sebuah kebebasan financial, dimana segala kebutuhan seseorang dapat terpenuhi tanpa adanya beban yang memberatkan dari segi ekonomi.

Dengan Anda berinvestasi sejak dini, peluang Anda untuk mencapai kebebasan financial juga lebih cepat. Hanya dengan menyisihkan sebagian dana yang dimiliki, semua orang bisa mendapatkan kebebasan financial melalui investasi.

Pada dasarnya, sebuah investasi dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar serta melindungi aset kita dari penurunan nilai yang diakibatkan oleh inflasi. Maka dari itu, investasi sejak dini sangat penting untuk dilakukan.

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon