Pentingnya Strategi Marketing Dalam Bisnis

Pentingnya Strategi Marketing Dalam Bisnis
Marketing 

MateriBisnis.com - Untuk meningkatkatkan penjualan serta memperkuat brading, penting bagi sebuah bisnis untuk melakukan strategi marketing. Namun dalam menjalan strategi marketing, jangan melakukannya dengan asal, banyak perlu yang harus diperhatikan agar tidak terbuang percuma.

Yang perlu diperhatikan pertama adalah dengan menyusun konsep marketing serta strategi pemasaran yang dianggap paling sesuai dan efektif dalam menjual produk Anda.

Tujuan menggunakan strategi marketing yang tepat adalah untuk dapat menarik minat para pelanggan, serta memperkuat daya saing bisnis Anda dengan kompetitor lain.

Dalam menggunakan straegi marketing, penting juga untuk memperhatikan dana yang harus dikeluarkan. Usahakan lebih kreatif dan inovatif dalam menentukan strategi guna menekan biaya.

Selain hal-hal tersebut berikut strategi marketing yang patut Anda coba:


Strategi Marketing Dalam Bisnis
Strategi Marketing


1. Kenali Target Anda


Saat melakukan marketing penting untuk menetahui siapa pelanggan yang Anda tuju, identifikasi dan kelompokkan target market Anda, usahakan sedetail mungkin seperti belakang pendidikan atau karakter calon pelangan.

Hal tersebut bertujuan untuk menentukan jenis pendekatan seperti apa yang akan digunakan, karena setiap karakter pelanggan berbeda cara dalam melakukan pendekatan marketing.

Dengan Anda mengenali target Anda, Anda bisa terhindar dari terbuangnya waktu karena kesalahan memilih pelanggan dan biaya yang dikeluarkan akibat marketing yang sia-sia.


2. Promosi dengan Kreatif dan Konsisten


Untuk memperkenalkan produk Anda, ciptakan ide-ide kreatif dalam melakukan promosi serta kakukan dengan konsisten. hal ini bertujuan untuk mempermudah calon pelanggan untuk mengenal produk Anda, terutama pada produk baru.

Penting juga untuk memperhatikan apa yang dilakkan kompetitor Anda lakukan. Jika promosi Anda diyakini lebih menarik kompetitor Anda, terus lanjutkan dan buat inovasi baru.

Namun jika promosi Anda tidak begitu kompetitif, Anda bisa mengubah cara promosi Anda dengan cara ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dari kompetitor Anda lakukan.


3. Manfaatkan Jejaring Sosial


Berkembangnya Jejaring Sosial saat ini sangat berguna sebagai salah satu media promosi yang paling efektif. Selain sebagai penunjang dalam penjualan produk, media sosial juga bisa dimanfaatkan sebagai media berinteraksi dengan calon pelanggan.

Saat ini aktifitas jual beli melalui media online juga terus meningkat di setiap tahunnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelanggan saat ini lebih mengiginkan transaksi yang lebih mudah dan praktis.

Kelebihan lainnya adalah selain lebih mudah dalam menjangkau calon pelanggan, promosi menggunakan jejaring sosial juga lebih menghemat dalam segi biaya dibanding dengan media yang lain.


4. Jalin Hubungan dengan Pelanggan


Menjalin hubungan baik dengan pelanggan juga sangat diperlukan, guna mendapatkan pelanggan yang setia kepada bisnis Anda. Buatlah pelanggan Anda lebih nyaman ketika bertransaksi dan merasa puas akan produk yang Anda tawarkan.

Menjalin hubungan baik bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan memberikan pelayanan prima atau dengan memberikan promo khusus kepada pelanggan setia Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon