Pedoman Cerdas Membangun Strategi Bisnis Sukses


Pedoman Cerdas Dalam Membangun Strategi Bisnis
Strategi Bisnis

MateriBisnis.com - Apabila Anda ingin memiliki sebuah bisnis yang sukses dalam jangka panjang, Anda perlu sebuah strategi dalam membentuk bisnis Anda, Atau biasa dikenal dengan strategi bisnis.

Strategi Bisnis sangat berguna dalam membangun sebuah Bisnis. Karena dengan membangun sebuah strategi bisnis, dapat menentukan arah bisnis yang Anda kelola serta dapat mengidentifikasi suatu permasalahan dari segi persaingan bisnis , pelanggan,  marketing, dan lain sebagainya.

Strategi bisnis juga membantu Bisnis Anda untuk tetap sehat serta tahan dengan berbagai kondisi yang tidak menentu seperti persaingan dalam bisnis maupun krisis ekonomi global.

Pada saat ini, hampir setiap bisnis yang dijalankan tidak dapat memasok kebutuhannya sendiri. Atau bisa dikatakan sebuah bisnis akan selalu membutuhkan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan produksinya yang berkaitan dalam mata rantai jejaring dunia bisnis.

Oleh sebab itu, setiap bisnis harus memiliki strategi bisnis yang bagus, dalam upaya Bisnis yang Anda bangun mampu bertahan dari krisis eksternal yang hadir dan merembet dari perusahaan lain.

Lalu apa itu strategi bisnis??


Strategi bisnis merupakan upaya perusahaan dalam mengambil kebijakan serta pedoman yang dirancang untuk membangun keunggulan Bisnis yang ia kelola, dalam menghadapi persaingan dengan kompetitor serta dibuat untuk memenuhi dan mencapai tujuan bisnis.

Bisa dikatakan strategi merupakan kunci dari pencapaian serta keunggulan dalam bersaing dan keberhasilan sebuah bisnis. Dalam menentukan strategi yang bagus, banyak perusahaan-perusaan yang meninta bantuan konsultan bisnis untuk merumuskan strategi bisnis yang tepat.

Meski strategi dalam besnis sangat penting, namun harus selalu berhati dalam menentukan strategi yang ingin diterapkan. Dengan menggunakan strategi bisnis secara konseptual mungkin sudah cukup baik, namun jika implementasinya buruk, bisa dipastikan hasilnya adalah kegagalan.

Para pebisnis yang menginvestasikan waktu serta tenaga mereka untuk menyusun rencana bisnis dengan cerdas, diyakini lebih siap dalam menghadapi resiko persaingan bisnis, dari pada yang tidak menerapkan strategi dalam bisnisnya.

meskipun menerapkan strategi dalam bisnis tidak menjamin 100% kesuksesan seseorang, namun apabila seorang menerapkan strategi dalam berbisnis akan mampu meminimalisir kegagalan serta menciptakan peluang kesuksesan.
Cerdas Dalam Membangun Strategi Bisnis
 Membangun Strategi Bisnis

Tujuan dan Kegunaan Strategi Bisnis


Tujuan dari Strategi bisnis adalah menjaga kegiatan bisnis yang sedang berjalan maupun yang akan dilaksanakan tetap berada dalam jalur yang benar sesuai dengan yang direncanakan.

Serta dapat digunakan sebagai pedoman yang bertujuan untuk mempertajam rencana-rencana yang diharapkan, serta mencari dana sponsor dari pihak ketiga (Freddy Rangkuti, 2003; Vincent Gaspersz, 2002).

Biasanya strategis dalam bisnis dibangun menggunakan konsep pengembang tertulis dengan berisi rincian dari mangement keuangan, pengelolaan SDM, pengembangan product, strategi marketing dan target dari bisnis Anda .

Berikut adalah pedoman cerdas dalam membangun strategi bisnis


1. Tentukan Deskripsi Bisnis Anda


Susunlah dengan rapi dan jelas mengenai Visi, Misi, Rencana Strategis serta target yang ingin Anda capai dalam bisnis Anda. Serta buat rencana bisnis Anda saat ini dan strategi yang akan datang.

Lakukan analisa mengenai bisnis Anda dalam menentukan strategi yang cocok dengan bisnis Anda seperti konsep manajemen, target pasar, keunggulan bersaing, lokasi usaha, manajemen keuangan, serta bentuk usaha.

Serta amati apa yang kompetitor Anda lakukan, serta tulis tentang apa saja kekuatan dan kelemahan dari bisnis mereka. lalu analisa apa saja hal yang dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda.


2. Strategi Pemasaran dan Anggaran


Dalam membuat strategi dalam pemasaran perlu diperhatikan dalam hal-hal yang mengenai cara pemasaran dan promosi yang tepat dan dibuat sesuai dengan target pasar, penjelasan pangsa pasar yang akan dipilih, serta rencana anggaran untuk iklan promosi.

Serta biaya-biaya lain seperti biaya distribusi, rencana anggaran untuk penjualan dan lain sebagainya juga perlu untuk dicermati.

Penting untuk memiliki laporan keuangan yang jelas seperti biaya operasional, kebutuhan modal, ekspektasi laba, biaya tambahan, serta dana cadangan. Yang sangat berguna untuk menganalisa serta mengetahui berkembangnya suatu Bisnis.


3. Menjaga Kualitas Produk/Jasa


Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan kepada perusahaan, perlu menjaga kualitas dari produk/jasa yang Anda tawarkan. Untuk mengatasi hal tersebut, lakukanlah analisa risiko yang mungkin akan Anda hadapi di masa depan serta cara bagaimana mengatasinya.

4. Sumber daya manusia (SDM) 


Bisa dibilang bahwa SDM merupakan faktor yang paling utama dalam mewujudkan strategi bisnis. Apabila SDMnya tidak dapat menerapkan strategi yang sudah dibuat, maka perusahaan tersebut akan kesulitan dalam mencapai tujuannya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon