Cara Mengetahui Kebutuhan dan Memenuhi Kepuasan Pelanggan

Cara mengetahui kebutuhan dan memenuhi kepuasan pelanggan

MateriBisnis.com - Banyak cara yang telah dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk mendapatkan pelanggan yang loyal terhadap bisnis mereka, dan salah satunya adalah dengan mengetahui cara untuk bagaimana mereka memenuhi kepuasan pelanggannya. 

Dengan mengetahui kebutuhan apa yang pelanggan Anda butuhkan, akan semakin mempermudah para pelaku bisnis dalam menentukan produk apa yang cocok kepada pelanggan mereka serta mempermudah dalam menyusun strategi marketing.

Baca juga : Pentingnya Strategi Marketing Dalam Bisnis

Apabila semua kebutuhan pelanggan Anda terpenuhi, secra tidak langsung pelanggan akan memberikan kesan positif terhadap bisnis Anda. Begitu juga sebaliknya, Apabila pelanggan Anda merasa tidak terpenuhi semua kebutuannya, maka akan memberikan kesan yang mengecewakan terhadap bisnis Anda.

Apabila difikirkan dengan seksama, pelayanan yang prima serta pemenuhan kebutuhan sangat perlu untuk diperhatikan dalam bisnis. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi kekewaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Seperti dalam bisnis jual-beli, pelanggan sering disebut sebagai raja. Dalam posisi seperti ini, pelanggan menjadi target dari sebuah bisnis untuk meningkatkan suatu penjualan, yang tertuju pada naik atau turunnya pendapatan suatu bisnis.

Namun, menjadikan pelanggan sebagai target dari penjualan bukan semata-mata untuk mencari keuntungan saja, namun harus diperhatikan oleh para pelaku bisnis untuk selalu memberikan keuntungan kepada para pelanggan.

Dan untuk menjadikan pelanggan sebagai target penjualan yang tepat, perlu usaha dengan melakukan berbagai cara seperti melakukan promosi, memberikan produk yang berkualitas hingga mengetahui kebutuhan apa yang pelanggan butuhkan.

Berikuat merupakan ulasan bagaimana cara mengetahui kebutuhan dan memenuhi kepuasan konsumen:

mengetahui kebutuhan dan memenuhi kepuasan pelanggan


Kualitas Produk


Pasti semua akan merasa puas apabila uang yang kita keluarkan sepadan dengan produk yang kita dapatkan. Namun apa yang terjadi jika uang yang kita berikan tidak sesuai dengan yang kita berikan, pasti kita akan merasa kecewa dan tidak akan mau menggunakan produk atau jasa tersebut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pentingnya sebuah kualitas dalam membuat sebuah produk. Produk yang memiliki kualitas yang tinggi tentu akan memberikan nilai yang tinggi, selain itu akan meningkatkan branding bisnis menjadi bisnis yang berkualitas tinggi.

Begitu juga sebaliknya, apabila produk yang kita buat memiliki kualitas yang rendah pasti akan mememiliki nilai yang rendah pula dimata pelanggan, dan efek yang ditimbulkan akan mempengaruhi brand bisnis Anda menjadi bisnis berkualitas rendah. 



Biaya Konsumen


Dalam memenuhi kepuasan pelanggan, tidak hanya semata-mata diukur berdasarkan harga yang ditawarkan. Namun juga harus memperhatikan nilai yang diterima pelanggan, manfaat yang diterima pelanggan(benefit) dan kualitas produk.


Memang harga masih dinilai menjadi pembeda mengenai kualitas dari sebuah produk, namun secara fungsional apakah produk Anda memberikan kemanfaatan atau keunikan dibanding produk lain?

dan apabila ditinjau secara emosional, apakah produk yang Anda berikan memberikan kualitas atau nilai lebih dibanding dengan produk pesaing Anda berikan?


Kenyamanan


Jika Anda pernah berbelanja dipusat perbelanjaan, Anda pasti tahu pelayanan yang meraka berikan. Banyak karyawan yang sigap dalam membantu para pengunjung yang datang sekaligus menawarkan atau merekomendasikan barang yang pelanggan butuhkan.

Mungkin sebagian orang merasa apa  yang dilakukan oleh karyawan tersebut sangat membantu mereka dalam memberikan pelayanan. Namun tidak sedikit juga para pelanggan yang merasa risih karena tidak leluasa dalam berbelanja.

Baca juga : Cara Memberikan Pelayanan prima (Excellent Service) Dalam Bisnis

Memang dalam menciptakan kenyaman bisa dibilang susah-susah gampang, karena tingkat kenyamanan seseorang berbeda-beda. Meskipun demikian Anda patut berhati-hati, jangan sampai pelayanan yang Anda berikan menyinggung pelanggan Anda.


Komunikasi


Dalam membangun kedekatan dengan pelanggan perlu komunikasi yang baik, sama dengan kasus karyawan dipusat perbelanjaan diatas. Memberikan pelayanan yang terlalu intens serta komunikasi yang kurang sopan bisa dianggap merendahkan pelangan.

Maka perlu kehati-hatian dalam berkomunikasi serta memperhatikan segala kondisi dari pelangan tersebut.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon