Memahami Arti Sebuah Kesuksesan

Memahami Arti Sebuah Kesuksesan
Arti Sebuah Kesuksesan
MateriBisnis.com - Jika ditelusuri dari KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia) arti dari kesuksesan adalah keberhasilan atau keberuntungan. Dengan kata lain Sukses (kebalikan dari kegagalan) adalah status telah mencapai dan mencapai tujuan atau keberhasilan.

Namun jika berbicara mengenai arti sebuah kesuksesan, tentu akan banyak sekali definisi yang berbeda-beda untuk menjelaskannya, karena setiap individu mempunyai sudut pandang yang berbeda dalam menilai sebuah kesuksesan.

Bagaimana mendefinisikan kesuksesan?


Menurut saya, satu-satunya yang dapat menjawab pertanyaan tersebut adalah Anda sendiri, karena setiap orang memiliki caranya sendiri untuk mendefinisikan arti dari sebuah kesuksesan.

Beberapa orang mungkin mendefinisikan arti dari kesuksesan adalah dengan memiliki harta yang melimpah, mobil mewah dan rumah besar. Sedangkan beberapa yang lain menganggap kehidupan yang penuh sukacita dan kebahagiaan bersama dengan keluarga adalah makna sebenarnya dari kesuksesan.

Dari beberapa perbedaan pandangan tersebut, maka arti kesuksesan bisa di kategorikan menjadi dua bagian:

1. Pandangan dari orang lain (Outside Labeling)


Penilaian kesuksesan menurut pandangan dari luar atau orang lain biasanya dapat dikenali dengan beberapa faktor. Seperti ingin mendapat kemakmuran, memiliki rumah besar, mobil mewah dan menjadi kaya raya.


2. Pandangan menurut diri sendiri (Inside Labeling)


Pandangan ini biasanya dapat dikenali dari hasrat dan tekat yang kuat untuk menjadi lebih baik. Seperti mendapat juara kelas, menjuarai lomba tertentu atau  berhasil mendapatkan hati pria/wanita pujaannya dan sebagainya.

Arti Sebuah Kesuksesan
Sukses
Namun yang harus diketahui bahwa, seseorang mendapatkan kesuksesan dengan bentuk dan nilai yang bervariasi, tergantung cara memandang dan menyikapinya. 

Berikut merupakan fakta mengenai arti sebuah kesuksesan:


Kesuksesan merupakan hal yang subjektif


Karena definisi dari kesuksesan mempunyai arti yang bervariasi, makan kesuksesan yang didapatkan oleh seseorang juga dapat berbeda antara satu orang dengan yang lain.

Tentukan tujuan dan Goal Anda, serta berusahalah untuk mendapatkan kesuksesan yang Anda inginkan.


Jatuh bukan berarti gagal


Ketika Anda belum mendapatkan kesuksesan jangan pernah untuk berputus asa, setiap orang pasti pernah merasakan gagal dalam melakukan sesuatu. Namun orang sukses dapat mengatasi kegagalannnya dan meraih kesuksesan.


Orang sukses juga menjadikan sebuah kegagalan sebagai pembelajaran dan pelecut untuk menjadi lebih baik lagi. Jangan pernah menyerah hanya pernah gagal, karena Anda tidak akan meraih kesuksesan jika Anda menyerah.


Kesuksesan tergantung Anda menilainya


Banyak orang yang telah mendapatkan segalanya, seperti rumah mewah, harta melimpah, jabatan yang tinggi namun masih belum merasa sukses. Sebenarnya kesuksesan dapat Anda dapat raih dengan bagaimana Anda menikmati dan mensyukurinya.

Ketika Anda tidak bersyukur, Anda akan terus merasa kekurangan dan tidak bisa menikmati apa yang Anda telah dapatkan. Bersyukurlah dengan apa yang Anda miliki, itu akan membawa kenyamanan bagi Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon