Cara Menangani Keluhan Pelanggan Dengan Cepat dan Cermat Serta Dapat Menyelesaikan Masalah

Menangani Keluhan Pelanggan

Menangani Keluhan Pelanggan. Apapun bisnis yang Anda dijalani, keluhan dari pelanggan merupakan hal yang wajar terjadi. Mulai dari bisnis kecil sampai bisnis besar tak lepas dari keluhan pelanggannya.

Meski dinilai wajar, namun perlu untuk selalu me-review semua keluhan dari pelanggan, dengan begitu Anda bisa menganalisa bisnis Anda menjadi lebih baik dan menjadi lebih berkembang.


Terlepas dari cara pelanggan menyampaikan keluhan atau komplain, bisa dibilang pelanggan Anda tersebut terhadap bisnis Anda. Bagaimanapun cara penyampaiannya, keluhan dari pelanggan dapat membantu Anda untuk menganalisa peforma bisnis Anda menjadi lebih baik.


Bisa dibilang bahwa salah satu ciri dari suksesnya suatu bisnis adalah selalu memberikan pelayanan prima serta minim keluhan dari pelanggan.

Untuk mengantisipasi kehilangan dan menjaga kepercayaan dari pelanggan, Anda perlu menagatasinya dengan cepat dan cermat serta dapat menyelesaikan masalah.

Kepercayaan dari pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki untuk mendapatkan pelanggan yang setia dan loyal kepada bisnis yang Anda tawarkan.

Untuk mengatasi berbagai keluhan yang disampaikan pelanggan, Anda bisa menggunakan beberapa tips dibawah ini:


1. Terima Keluhan dengan Baik


Berikan perhatian kepada pelanggan saat meraka melakukan keluhan. Jika memang Anda melakukan kesalahan, jangan ragu untuk segera meminta maaf atas ketidak nyamanan dari keluhan tersebut.

Katakan kepada pelanggan, bahwa Anda segera mengatasinya sesegera mungkin dengan waktu yang ditentukan, itu akan sedikit mengobati kekecewaan pelangggan Anda.

Namun jika keluhan tersebut disebabkan oleh kesalahpahaman atau tidak disebabkan oleh Anda, Katakan bahwa Anda memahami bagaimana masalah tersebut bisa membuat mereka kecewa dan tetap bisa menghargai perasaan mereka.


2. Petakan Masalah Keluhan Pelanggan


Setelah mengetahui apa yang dikeluhkan oleh pelanggan, Anda bisa mengetahui apa masalah yang ada dalam bisnis Anda. Lakukan analisa kenapa keluhan itu bisa terjadi, dan bagaimana cara menyelsaikannya.

Untuk mengatasi keluhan yang sama muncul kembali, Anda bisa mencatat semua keluhan yang masuk serta bagai mana mengatsinya. Namun jika keluhan tersebut tetap muncul, Anda bisa menggunkan strategi yang lain.


3. Tangani Keluhan dengan Cepat


Dalam mengatasi keluhan, penting untuk mengatasinya dengan cepat dan cermat, guna mengatasi kekecewaan dari pelanggan. Dan memastikan bahwa yang dikeluhkan oleh pelanggan tersebut tidak akan terjadi lagi.

Pahami setiap keluhan yang disampaikan oleh pelanggan, dengan menawarkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Jika dirasa perlu, Anda bisa memberikan promo yang menarik untuk mengobati kekecewaan pelanggan tersebut.


4. Berikan Solusi Terbaik


Untuk menjaga loyalisa pelanggan Anda agar tidak pindah ke kompetitor, Anda harus bisa meyakinkan serta memberikan solusi yang baik atas keluhan yang disampaikan oleh pelanggan Anda.

Kesimpulannya adalah tangani keluhan dari pelanggan secara serius. Berikan kepuasan kepada mereka, kepercayaan dari pelanggan kepada bisnis Anda merupakan hal yang sangat penting bagi reputasi bisnis Anda.

Jaga kepercayaan tersebut, dengan memberika playanan yang terbaik serta menangani keluhan dari pelanggan dengan cerdas dan tepat serta dapat menyelesaikan masalah adalah skill yang wajib dipelajari.

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon