Cara Memberikan Pelayanan prima (Excellent Service) Dalam Bisnis

Memberikan Pelayanan prima (Excellent Service) Dalam Bisnis

Pelayanan Prima. Dalam menjalankan suatu bisnis, suatu perusahaan harus memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan atau biasa disebut dengan pelayanan prima.

Pelayanan prima (Excellent Service) adalah pelayanan yang mengutamakan kepuasan kepada pelanggan, dengan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Seperti dengan memenuhi segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Dengan Anda memberi pelayanan yang prima guna untuk memberi kepuasan kepada pelanggan Anda, Maka pelanggan yang puas atas jasa yang Anda berikan akan setia kepada Anda dan tidak kabur ke para pasaing Anda.

Dan keuntungan lainnya adalah secara tidak langsung mereka(pelanggan Anda) akan ikut mempromosikan bisnis Anda karena merasa puas dengan pelayanan yang Anda diberikan. Berikut merupakan cara efektif untuk memberikan pelayanan prima (Excellent Service) dalam bisnis:


1. Pelatihan Pelayanan Prima.


Untuk memaksimalkan sebuah pelayanan, penting untuk membuat pelatihan terhadap pelanggan terutama bagi para customer service. Hal ini bertujuan untuk mengetahui cara memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih tepat, dan semakin efisien.

Dalam memberikan pelayanan yang prima, kemampuan dalam berkomunikasi juga merupakan hal yang sangat penting dalam menggali apa yang pelanggan Anda butuhkan.

Selain komunikasi yang baik, dalam memberikan pelayanan yang prima juga harus memahami tentang product knowledge baik, harga yang ditawarkan, sampai dari aspek teknis tentang produk, sehingga customer service mampu memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.


2. Pusatkan Perhatian Kepada Para Pelanggan.


Dalam segi pelayanan, selalu berikan pelayanan yang terbaik dan tempatkan mereka pada urutan pertama (pelanggan adalah raja). Apabila mereka melakukan komplain, perhatikan dengan seksama apa yang mereka inginkan.

Tetap dalam pelayanan yang baik serta memperhatikan nada bicara mereka, serta usahakan mencari solusi yang tepat. Agar pelanggan Anda tidak terlalu kecewa.


3. Memberikan Pelayanan Efisien.


Apabila pelanggan ingin memberikan keluh kesah, saran atau kritik mereka terhadap bisnis Anda. Tampung semua apa yang mereka sampaikan serta berikan apresiasi terhadap mereka.

Bersikaplah open minded dan buat mereka menjadi lebih nyaman, berikan mereka kepuasan atas apa yang mereka sampaikan kepada Anda.


4. Pendekatan Secara Personal.


Dalam mendapatkan pelanggan yang setia, sangat penting untuk melakukan pendekatan secara personal. Anda bisa melakukannya dengan cara yang cukup sederhana.

Seperti dengan memberlakukan 3S (Senyum, Salam, dan Sapa) atau hanya ingat nama mereka. Dengan hal-hal sederhana tersebut, pelanggan Anda akan merasa dihargai dan merasa bahwa dirinya adalah bagian penting dalam bisnis anda serta mampu mebangun kedekatan secara personal dan  akan menambah setia kepada bisnis Anda.

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon