Cara Membangun Manajemen Resiko dan Pentingnya Dalam Bisnis

Tags

Cara Membangun Manajemen Resiko

Manajemen Resiko Bisnis - Dalam memulai sebuah bisnis, seorang pebisnis harus memiliki sebuah keberanian serta tekat yang besar. Namun bukan hanya keberanian dan tekad saja, seorang pebisnis harus mengetahui tentang pentingnya manajemen risiko dalam membangun bisnisnya.

Dan merupakan salah satu elemen penting dalam mengelola sebuah bisnis yaitu dengan menggunakan manjemen risiko. Bisa dikatakan bahwa apabila suatu bisnis memiliki manajemen risiko yang baik, maka akan dapat membantu bisnis Anda dalam menghindari dari berbagai kerugian atau kebangkrutan.

Selain mempermudah pada saat melakukan identifikasi dan pengendalian dari risiko–risiko yang mungkin dialami oleh sebuah bisnis, Manajemen risiko juga memiliki manfaat dalam memudahkan proses manajemen bisnis secara keseluruhan.


Sekilas Tentang Risiko dalam Bisnis:


Risko bisnis adalah suatu keadaan yang diangggap berpotensi mengakibatkan kerugian atau kegagalan dalam sebuah bisnis, baik kerugian yang sedang berlangsung maupun kegagalan dimasa yang akan datang.

Risko dalam dunia bisnis memang sangat tidak dikehendaki oleh para pelaku bisnis. Namun apabila memiliki manajemen risiko yang baik, akan dapat meminimalisir kemunculan risiko tersebut.

Bisanya risiko dalam bisnis, muncul karena perilaku para pebisnis itu sendiri. Seperti salah mengambil keputusan dalam strategi bisnisnya, dan ada juga bisa yang muncul dari external bisnis, sepeti krisis global.   


Manfaat Manajemen Risiko dalam Bisnis:


  1. Dengan menggunakan manajemen risko dapat meminimalisir bisnis dari kegagalan atau kebangkrutan serta dapat menunjang peningkatan laba secara langsung maupun tidak langsung.
  2. Memperumudah dalam menetapkan alokasi sumber-sumber dana sekaligus limit risiko yang lebih tepat.
  3. Dapat menghindari potensi kerugian yang relatif lebih besar.
  4. Dapat digunkan sebagai bahan evaluasi serta menjadi rujukan pada saat pengambilan strategi.



Dalam menghadapi berbagai risiko yang datang, seorang pebisnis harus memiliki persiapan yang matang serta harus memiliki strategi manajemen risiko yang baik.

Berikut merupakan tips mudah membangun strategi memanajemen risiko bisnis yang bisa Anda coba

Lakukan Identifikasi Risiko


Yang pertama harus dilakukan adalah dengan mengidentifikasi jenis risiko apa yang dapat muncul, apakah risiko yang muncul dari sisi marketing, produksi, atau dari sisi keuangan.

Dengan melakukan identifikasi dari berbagai sisi, akan mempermudah Anda dalam mengenali berbagai kemungkinan risiko yang akan muncul dalam bisnis Anda.


Analisa Risiko


Setelah Anda dapat mengindentifikasi dari berbagai sisi, langkah selanjutnya adalah menganalisa risiko berdasarkan dampak yang terburuk sampai yang ringan.

Dari hasil analisa tersebut diharapkan diperoleh suatu solusi dari berbagi risiko yang dihadapi.


Monitoring dan Review


Setelah proses identifikasi dan analisa sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan monitoring dan review. Monitoring dan review sangat berguna pada dalam mengantisipasi gejala dari datangnya sebuah risiko atau bahkan krisis yang akan melanda.

Dengan Anda selalu mengantisipasi dari berbagai risiko yang akan datang, setidaknya Anda telah mengetahui di mana fokus Anda akan tertuju jika risiko tersebut benar-benar terjadi.

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon