Cara Membangun Fokus ke Target Sampai Goal Anda Tercapai

Tags

Cara Membangun Fokus kepada Target Sampai Goal Anda Tercapai
Membangun Fokus 

MateriBisnis - Pada awalnya, banyak orang yang sangat semangat pada saat memulai membuat tujuan(Goal) dalam bisnisnya. Namun dengan seiring berjalanan waktu, semangat tersebut secara perlahan-lahan memudar dengan berbagai alasan.

Mulai dari gangguan-gangguan external atau bahkan karena terlalu lama menunda-nunda dalam menjalankan tujuan tersebut, dan pada akhirnya membatalkan semua rencana yang sudah dibangun tersebut.

Apabila dicermati, menurunnya semangat tersebut biasa disebabkan oleh kurangnya fokus dan konsitensi dalam menjalankan rencana yang telah bangun. Serta kurangnya motivasi kepada diri sendiri untuk mencapai tujuan atau target tersebut.


Memang perlu diakui, untuk memberikan motivasi kepada diri sendiri agar tetap fokus kepada tujuan bukan perkara yang mudah, banyak masalah yang sering muncul yang bisa mengganggu konsentrasi untuk tetap fokus.

Berikut beberapa cara agar tetap fokus kepada target yang sudah ditentukan sampai Goal tercapai dalam bisnis.


1. Ingatkan Diri Anda Terus Menerus.


Buatlah catatan kecil(Memo), tulislah apa yang menjadi tujuan(Goal) Anda atau hal-hal yang penting. Dengan Anda membuat catatan-catatan tersebut akan mempermudah Anda dalam mengingat apa yang harus kita lakukan.

Simpanlah catatan-catatan tersebut di bagian yang mudah dilihat pada saat Anda beraktifitas, seperti di depan laptop/komputer, di board khusus list dan sebagainya.


2. Tujuan yang Spesifik.


Dalam membangun tujuan atau Goal, perlu untuk membuat tujuan yang spesifik atau jelas. Dengan Anda memiliki tujuan yang spesifik dan jelas akan mempermudah dalam menganalisa propek dan Perkembangan goal Anda.


3. Tentukan Waktu.


Kapan tujuan tersebut akan tercapai juga perlu untuk diperhitungkan, apakah bisa dicapai dalam 1 minggu, 1 bulan atau dalan beberapa tahun kedepan. Hal tersebut sangat berguna dalam memprioritaskan tujuan mana yang ingin segera dicapai.


4. Bangun Keterbukaan.


Jika Anda bekerja bersama dengan tim, penting untuk mengkomunikasikan target apa yang harus dicapai. Sehingga karakter-karakter yang ada di dalam tim Anda dapat bekerja sama dan mengapai tujuan yang sama.


5. Berikan Penghargaan.


Ketika tujuan Anda sudah tercapai, berikan penghargaan kepada diri Anda sendiri. Anda bisa merayakannya dengan keluarga dan kerabat terdekat, dengan Anda memberikan pengharggaan kepda diri Anda sendiri akan menimbulkan semangat untuk mencapai targer-target yang lain.

Membangun Fokus ke Target Sampai Goal Anda Tercapai
Fokus
Membuat tujuan atau Goal memang mudah, namun dalam proses pencapaian sangat sulit untuk dilakukan, banyak persoalan-persoalan yang tidak terduga yang harus dihadapi, dan untuk mengatasinya perlu sikap dan tekat dan kuat untuk mengatasinya.

Namun apabila Anda mengalami persoalan-persoalan yang menghambat Anda dalam menggapai tujuan Anda, Anda bisa menggunkan beberapa tips berikut ini:


Kontrol sesuatu yang bisa menganggu Anda.


Selain harus fokus kepada tujuan Anda, Anda juga harus memperhatikan terhadap berbagai hal yang bisa terjadi. Namun kebanyakan orang terlalu menganggap remeh terhadap hal-hal kecil yang sebenarnya bisa menggangu mereka nantinya.


Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan membuat rencana cadangan dengan sedetail munkin untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi.


Tetap tenang.


Ketika situasi sedang tidak mendukung, perlu sikap ketenangan untuk dapat berfikir positif. Yang Anda dapat lakukan adalah dengan mengambil jeda sejenak, tenangkan diri Anda dan pertimbangkan langkah dengan hati-hati dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya.


Pikirkan tentang tujuan Anda.


Sesudah Anda mendapat ketenangan, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memikirkan bagaimana cara agar tujuan Anda tercapai dan bagaimana cara mengantisipasi apabila ada gangguan-gangguan yang muncul.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon