Cara Melatih Sikap Kepemimpinan Dalam Bisnis

Cara Melatih Sikap Kepemimpinan Dalam Bisnis

Melatih Sikap Kepemimpinan. Sikap Kepemimpinan atau biasa disebuat dengan Leadership, merupakan sikap yang harus oleh setiap pebisnis. Seseorang baru memiliki sikap leadership apabila mampu memimpin dirinya sendiri serta juga perusahaan tempat ia memimpin para bawahannya.

Sikap kepemimpinan merupakan pengaruh yang diberikan kepada orang lain untuk mempengaruhi tindakan serta perilaku mereka yang disampaikan melalui komunikasi.

Dalam mencapai sikap kepimimpinan yang baik, perlu usaha serta kemampuan yang baik dalam berkomunikasi guna membujuk orang lain untuk bekerja sama.

Pada dasarnya sikap kepemimpinan yang baik adalah selalu memberikan perhatian kepada bawahannya. Dengan semakin besar perhatian yang diberikan pemimpin kepada bawahannya, maka semakin loyal mereka kepada pemimpinnya, begitu pula sebaliknya.

Gaya sikap kepemimpinan pun juga berbeda-beda tergantung dari pengalaman, kepribadian serta pembelajaran yang diperoleh pemimpin tersebut. Berikut beberapa sikap kepemimpinan yang perlu dimiliki oleh para pebisnis dalam memimpin setiap bawahannya:

Baca juga : Pemimpin Yang Disenangi Bawahan


1. Keberanian untuk Bertindak


Dalam menjalankan sebuah bisnis, seorang pebisnis harus selalu berani dalam bertindak, serta memiliki perhitungan yang cermat, hati-hati, dan bersifat antisipatif terhadap dengan segala kemungkinan timbulnya risiko dalam ketidakpastian dunia Bisnis.

Untuk mengatasi hal tersebut seorang pebisnis harus memiliki sikap kepemimpinan yang berani dalam bertindak serta cepat dalam memutuskan keputusan usahanya.


2. Membangun tim yang solid


Dalam sebuah bisnis tentu saja Anda tidak bisa sendirian, harus ada tim yang membantu Anda. Namun mengendalikan sebuah tim yang solid yang terdiri dari berbagai sifat dan karakter yang berbeda memerlukan skill khusus.

Seorang pemimpin yang sukses harus bisa menyatukan mereka, menjadi satu visi dan satu tujuan yaitu memajukan bisnis Anda.

3. Menjadi pendengar yang baik


Menjadi pemimpin yang baik tidak selalu hanya ingin didengar saja oleh bawahannya saja, namun juga harus mendengar apa yang disampaikan oleh bawahannya. Seperti masukan-masukan sebelum mengambil keputusan untuk mencapai tujuan bersama.


4. Berani mengambil risiko


Dalam setiap keputusan yang diambil dalam bisnis pasti ada resiko yang harus dihadapi. Meskipun jika resiko tersebut mengakibatkan kegagalan, maka akan menjadi suatu pengalaman yang memberikan proses pembelajaran untuk dapat meraih keberhasilan di masa depan.


5. Having Mentor


Untuk mempermudah menjalankan proses kepemimpinan, kita perlu melakukan konsultasi atau minta arahan dari orang lain yang lebih senior. Dengan pengalaman mereka serta ilmu yag lebih banyak, maka akan membantu Anda dalam mengembangkan sikap kepemimpinan Anda.


6. Pikiran yang terbuka


Pemimpinyang baik juga selalu terbuka akan saran-saran dari orang lain. Dnngan pikiran yang terbuka akan menghasilkan de-ide yang baru dan kreatif. Serta dengan Anda terbuka dengan bawahan Anda, maka menambah loyality terhadap Anda.

Baca juga : Arti Sebuah Kesuksesan


7. Adanya kepercayan

Kepercayaan merupakan hal yang penting dalam dunia bisnis, dengan saling percaya akan menimbukan sikap harmonis Antara pemimpin dan bawahannya. Ketika Anda menghargai serta mengayomi bawahan Anda dengan baik, maka meraka akan percaya bahwa Anda adalah pemimpin yang baik bagi mereka. 


Bagaimanakah Kepemimpinan Anda?


Mengingat sikap kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis Anda, sudahkah Anda memiliki sikap kepemimpinan dalam memimpin bisnis Anda??

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon