5 Cara Mengambil Keputusan Yang Tepat Di Berbagai Situasi Rumit

Tags

5 Cara Mengambil Keputusan Yang Tepat Di Berbagai Situasi Rumit
Mengambil Keputusan

MateriBisnis.com - Kebanyakan dari kita sering melakukakun kesalahan pada saat mengambil keputusan, baik keputusan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam mengambil keputusan untuk perkembangan sebuah bisnis.

Apalagi dalam menghadapi suatu masalah, pengambilan keputusan yang tepat merupakan suatu keharusan. Namun pada saat pengambilan keputusan, perlu juga diperkirakan dengan seksama segala resiko yang akan ditimbulkan dari pengambilan keputusan tersebut.


Memang tidak ada rumus yang membahas secara jelas bagaimana cara untuk mengambil keputusan yang benar. Namun menurut saya pribadi, setiap hal yang kita lakukan dan kita katakan adalah hasil dari sebuah keputusan yang diambil sebelumnya, baik yang kita ambil secara sadar atau tidak.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu kita dalam mengambil keputusan di berbagai kondisi:


Mengambil Keputusan Yang Tepat Di Berbagai Situasi Rumit
Keputusan


1. Mengumpulkan Informasi Yang Relevan


Informasi relevan sangat dibutuhkan untuk menunjang data yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan yang tepat, guna mempelajari suatu masalah dan mencari solusi yang tepat pada suatu masalah tersebut secara mendalam.

Informasi yang relevan juga bisa dugunakan sebagai salah satu media untuk menganalisa dan menemukan sumber masalah, ketika semua informasi sudah terkumpul akan mempermudah dalam menentukan keputusan apa yang akan diambil.


2. Tenangkan Diri


Dalam pengambilan keputusan, setiap masalah memiliki kasus dan cara yang berbeda dalam menyelesaikannya. Ambilah waktu sejenak untuk menenagkan diri untuk berfikir secara seksama tentang permasalahan apa yang sedang Anda hadapi.

Bahkan ketika permasalahan tersebut bersifat urgent sekalipun, usahakan untuk selalu tenang. Karena sikap tidak tenang dan cenderung terburu-buru akan membuat Anda kesulitan dalam mempertimbangkan secara mendalam dampak yang akan ditimbulkan dari sebuah keputusan yang akan diambil.


3 Tanyakan Kepada Rekan


Ketika Anda tidak mampu mengatasi permasalahan itu sendiri, mintalah saran dari partner Anda yang dianggap mampu dan berpengalaman dalam menyelesaikan masalah yang saat ini Anda hadapi.

Ceritakan kepada mereka, tentang masalah apa dan keputusan apa yang harus diambil. Bisa jadi mereka pernah mengalami permasalahan yang sama, atau setidaknya mereka dapat membantu memberikan solusi tentang permasalahan Anda.



4. Beranikan Mengambil Risiko


Terkadang ada beberapa orang yang terlalu banyak berfikir bagaimana cara meminimalkan sebuah resiko secara mendetail, namun tidak berani dalam menerapkan keputusan-keputusan yang ia susun. Padahal hal tersebut bisa memicu masalah baru yang lebih tinggi karena tidak segera dalam mengambil keputusan.


Dan yang harus diketahui juga adalah dalam setiap keputusan yang diambil pasti memiliki resiko didalamnya, bahkan tidak mengambil keputusan pun juga memiliki resikonya sendiri. Tinggal bagaimana cara kita untuk mengolah resiko tersebut.


5. Evaluasi diri


Bisa jadi permasalahan yang saat ini Anda alami adalah akibat dari keputusan yang Anda ambil dimasa lalu. Jika benar, perbaiki keputusan-keputusan yang akan Anda ambil hari ini. Karena keputusan yang Anda ambil hari ini akan mempengaruhi kesuksesan Anda dimasa depan.

Meski kesalahan dalam mengambil keputusan merupakan hal yang manusiawi. Namun kita harus belajar dari setiap kesalahan dimasa lalu agar tidak jatuh pada lubang yang sama.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon