Motivasi Sukses Jack Ma Pendiri E-Commerce Alibaba

Motivasi Sukses Jack Ma Pendiri E-Commerce Alibaba
Motivasi Sukses Jack Ma
Materibisni.com - Saat ini siapa yang tidak kenal dengan sosok Jack Ma. Jack Ma merupakan salah satu Milioner asal China yang berhasil mengembangkan bisnisnya yaitu Alibaba menjadi salah satu raksasa e-commerce dunia.

Dengan keberhasilannya tersebut saat ini Jack Ma masuk dalam jajaran orang terkaya dengan harta hampir Rp 570 triliun. Namun perlu diketahui apa yang dihasilkan Jack Ma saat ini tidak didapat dengan mudah, Banyak perjuangan yang telah dihadapinya.

Sekilas tentang Jack Ma
Sebelum berkelimang harta seperti sekarang, Jack Ma berprofesi sebagai seorang guru dan jasa penerjemah bahasa Inggris dikota kelahirannya, yaitu Hangzhou, Zhejiang, China.

Karena kehandalannya dalam berbahasa Inggris, Jack Ma juga pernah diminta mewakili perusahaan China untuk menagih utang pada seseorang di Amerika Serikat (AS).

Setelah pekerjaannya selesai, dia menyempatkan mengunjungi salah satu temannya Ken Morley di negara bagian Seattle. Disanalah pertama Jack Ma berkenalan dengan namanya Komputer dan Internet.

Sejak itulah Jack Ma mulai kagum akan dunia Internet, ia mulai mencari semua informasi-informasi yang ia butuhkan. Namun pada saat Jack Ma mencari sesuatu tentang China, ia tidak menemukan apa-apa.

Dari masalah inilah Jack Ma mempunyai gagasan untuk memanfaatkan internet untuk berbisnis, serta memasukkan perusahaan China di internet yang memungkinkan mereka terkoneksi dengan pebisnis di AS dan negara lain.

Dari ide tersebut Jack Ma mulai memfasilitasi para pedagang China yang menjual barang ke luar negeri melalui Internet. Ini lah yang menjadi cikal bakal karier Jack Ma membangun bisnis e-commerce terbesarnya yaitu Alibaba.

Dan saat ini Alibaba terus berkembang dan menjadi raksasa e-commerce dengan kapitalisasi pasar US$ 500 miliar atau setara dengan Rp 6.655 triliun.
Jack Ma Pendiri E-Commerce Alibaba
Jack Ma 

Dibalik seksesan yang telah ia dapatkan, Seperti apa sosok Jack Ma dalam meraih mimpinya?


1. Seorang yang Gigih


Jack Ma sebagai orang yang sangat gigih dalam menggapai mimpinya, dan memiliki prinsip segala sesuatu membutuhkan pengorbanan. Ia selalu memaksimalkan waktu yang ia miliki dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi orang banyak.

Serta melakukan banyak inovasi untuk mengembangkan bisnis, serta untuk menggapai cita-citanya untuk menciptakan bisnis e-commerce yang ia miliki menjadi bisnis berskala global.


2. Pantang Menyerah


Sebelum ia meraih kesuksesan saat ini, Jack Ma pun juga tak luput dari kegagalan serta rintangan dalam menjalankan bisnisnya. Namun hal tersebut tidak pernah menghentikan Jack Ma untuk terus berkreasi.

Namun Jack Ma memberi arti sebuah kegagalan adalah ndian berhadiah. Dari kerja keras yang telah ia lakukan selama ini, kini telah berbuah manis dengan kesuksesan yang telah rasakan sekarang.



3. Berfikir Inovatif



Banyak Inovasi baru atau terobosan-terobosan yang diciptakan oleh Jack Ma untuk mengembangkan Alibab untuk menjadi lebih besar. Salah satunya adalah dengan membuat metode pembayaran berbasis elektronik(Alipay) yang belum populer pada masa itu.

Meski mendapat banyak kritik serta cemoohan dari pebisnis lain, Karena dianggap terlalu ambisius. Namun karena ide kreatifnya, saat ini setiap orang mendapat kemudahan dalam bertransaksi menggunakan Alipay.


4. Memanfaatkan Masa Muda untuk Berbisnis


Jack Ma selalu beranggapan bahwa, masa muda merupakan waktu yang paling tepat untuk membangun sebuah usaha. Karena pada saat masih muda memiliki keberanian dalam mengambil risiko ketimbang orang yang sudah masuk usia tua.

Jack Ma juga sering berpesan kepada anak muda untuk tidak menyia-nyiakan masa mudanya untuk hal-hal yang tidak berguna. Serta selalu memikirkan masa depan yang bahagia di mana tidak akan kesulitan dalam hal finansial.


5. Merancang Sistem 


Jack Ma sering mengungkapkan pentingnya sebuah sistem dalam bisnis. Dengan sistem yang baik dapat meminimalisir kegagalan sepeti kegagalan dalam memnentukan management keuangan, manajemen product hingga delegasi tugas karyawan.

Jack Ma juga mengatakan bahwa dengan sistem yang berjalan dengan baik akan memudahkan Bisnis untuk berkembang dan menjadi lebih besar.


Pesan Jack Ma


Dalam setiap kesempatan yang ia hadiri, Jack Ma selalu berpesan untuk jangan takut berbisnis, berbisnis bukanlah suatu hal yang sulit. Beranilah dan mulai bisnis Anda serta takut untuk mengambil risiko, itu adalah salah satu kunci menuju kesuksesan Anda.

Kegagalan bukanlah hantu yang harus Anda ditakuti, melainkan sesuatu yang harus Anda kalahkan. Dan apabila Anda dapat mengalahkan kegagalan, maka Anda menuju kepada gerbang kesuksesan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon