Motivasi Bisnis Sukses Dari Eka Tjipta Widjaja

Motivasi Bisnis Sukses Dari Eka Tjipta Widjaja

Motivasi  Sukses Eka Tjipta Widjaja - Siapa yang tidak kenal dengan sosok Eka Tjipta Wijaya. Beliau merupakan pendiri dari Sinar Mas Group dengan bisnis yang menggurita mulai dari Bank, perusahaan kertas, asuransi dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui semua kesuksesan didapat oleh Eka Tjipta Wijaya bukanlah warisan dari orang tua, Beliau meruapakan sosok inspiratif yang mengajarkan kita bahwa tidak ada yang tidak mungkin.


Sekilas tentang Eka Tjipta Wijaya


Eka Tjipta Widjaja lahir dari keluarga miskin, beliau sudah mengalami apa yang disebut sebuah penderitaan dan kerja keras. Dengan tekat yang kuat beliau mampu mengahapi semua kegagalan serta tantangan yang pernah dilalui selama hidupnya.

Eka Tjipta Widjaja lahir pada tanggal 3 Oktober 1923 dengan nama asli Oei Ek Tjhong di Coan Ciu, Fujian, Cina. Beliau pindah ke indonesia bersama ibunya pada saat berumur 9 tahun.

Setelah pindah ke indonesia Eka Tjipta Widjaja selalu membantu ayahnya berjualan dari rumah ke rumah menggunakan sepeda meski belum menuasai bahasa Indonesia-nya dengan fasih

Keadaan ekonomi yang tidak mendukung orang tuanya hanya bisa menyekolahkan Eka hingga bangku SD. sejak berumur 15 tahun Eka Tjipta Widjaja sudah berjualan sendiri dengan menjal biskuit dan gula-gula.

Baca juga : Cara Cerdas Mencari Peluang Bisnis

Pada awalnya ia membeli barang dangangan nya di toko grosir dan menjualnya kembali kepada masyarakat dengan harga eceran. Untuk meningkatkan  bisninya ia beinisiatif untuk memberikan ijazah SD-nya agar dipercaya mengambil barang tanpa pembayaran di muka.

Namun pada saat bisnisnya mulai berkembang, pasukan Jepang masuk ke Indonesia. Dan menghancurkan bisnisnya dengan menerapkan biaya pajak yang sangat tinggi pada waktu itu.

Setelah bisnis pertamanya gagal, Eka Tjipta Wijaya mencoba beberapa bisnis baru seperti kopra, gula, hingga kopi. Namun bisnis tersebut selalu gagal dan mengalami kebangkrutan.

Meski selalu mendapat kegagalan dari berbagai bisnis yang ia telah lakukan, ia tidak berputus asa dan terus mencoba dan mengambil hikmah dari kegagalan sebelumnya.

Dan pada umur 37 tahu, Eka Tjipta Wijaya pindah ke Kota Surabaya. Di Surabaya ia sempat memiliki beberapa perkebunan dan pabrik seperti perkebunan karet, perkebunan kopi, pabrik minyak kelapa dan penggilingan padi.

Namun ia harus merasakan kembali sebuah kegagalan. Setelah itu ia memutuskan untuk menjual semua usahanya dan membentuk CV Sinar Mas yang bergerak di bidang ekspor hasil bumi dan juga impor tekstil.

Dan pada bisnisnya ini baru membuahkan hasil. Kemudian Beliau melebarkan bisnisnya dengan mendirikan PT Tjiwi Kimia di tahun 1976 dan kembali membeli sebidang perkebunan kelapa sawit.
Setelah semua bisnisnya sudah berjalan, Eka Tjipta Wijaya membuka bisnis baru di dunia perbankan dengan membeli Bank International Indonesia (BII). Bank tersebut di beli dengan aset awal sebsesar 13 milyar Rupiah dan dikelolanya menjadi lebih besar hingga saat ini nilai asetnya kini telah mencapai 9,2 triliun Rupiah lebih.

Saat ini Eka Tjipta Wijaya memiliki rantai bisnis mulai dari pabrik kertas, minyak kelapa sawit, properti, perbankan, dan masih banyak lagi.


Motivasi dari Eka Tjipta Wijaya


Meski semua usahanya pernah mengalami kegagalan, Namun ia selalu bangkit dan terus berusaha menjalankan bisnisnya menjadi lebih sukses. Banyak pelajaran yang bisa diambild ari kisah sukses beliau yang tidak pernah menyerah.

Dengan tekat kuat serta kemauan dan kerja keras untuk terus maju menggapai impian. Dari manapun asal Anda, Latar belakang pendidikan apaun yang Anda tempuh, Anda bisa mendapatkan kesuksesan.

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon