Cara Membangun Chemistry dengan Client Bisnis

Cara Membangun Chemistry dengan Client Bisnis

Membangun Chemistry. Dalam membangun sebuah Bisnis penting untuk membangun kerjasama dengan pebisnis lain atau client Anda. Namun dalam membangun sebuah kerjasama, Anda harus mempertimbangkan karakter dari calon relasi Anda tersebut.

Untuk mendapatkan kerjasama yang saling menguntungkan serta tidak ada yang merasa dirugikan satu sama lain, perlu dilakukan suatu pendekatan chemistry. Dalam dunia bisnis biasa dikenal dengan "Tak kenal, maka tak nyambung".

Dalam proses berkomunikasi yang berkualitas, tidak hanya semata-mata untuk mendapatkan atau memberikan informasi. Namun juga perlu dibangun sebuah chemistry yang bertujuan untuk melakukan pendekatan secara intensif.

Namun setiap orang memiliki sifat kepribadian yang berbeda-beda, maka berbeda pula cara penyesuaiannya.

Berikut adalah beberapa cara membangun chemistry dengan client berdasarkan jenis kepribadian:


1.Client Si Pemikir


Memiliki client dengan type pemikir merupakan seuatu tantangan tersendiri, type client seperti ini biasanya memiliki karakter yang sangat selektif dan memikirkan hal apapun secara mendalam.

Client sengan type pemikir memiliki kepintaran dalam menggunkan strategi dalam berbisnis serta sedikit ambisius. Namun pada suatu saat memiliki sifat arogan dan ego yang tinggi.

Apabila Anda tidak bisa memahami karakter dari client si pemikir, maka bisa dipastikan Anda kesulitan dalam membangun chemistry. Lalu bagaimana caranya membanun chemistry dengan si pemikir?

Pertama-tama jadi seorang pendengan yang baik. Ketika client si pemikir Anda berbicara, bersikaplah dengarkan dengan seksama seakan-akan apa yang ia katakan sangat penting.

Serta perhatikan gerak tubuh Anda dengan sedikit lebih membungkuk, agar tidak menimbulkan kontra sejak dini dengannya.


2.Client Si Pebisnis


Client seperti ini merupakan client yang menguntung kan, meski harus tetap waspada. Karena mereka akan selalu mengambil keuntungan dalam segala hal yang terutama dalam bentuk finansial.

Untuk membangun chemnistry dengan client si pebisnis ini cukup mudah. Dengan cara memberikan keuntungan kepada satu sama lain. Setidaknya, berbicaralah tentang bisnis yang dianggap mereka menguntungkan.


3.Client Si Perasa


Clien dengan type perasa memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap sesuatu, biasanya ditandai dengan Mudah tersinggung, mudah iba, mudah menangis, mudah tersentuh apabila terjadi sesuatu.

Anda bisa membangun chemistry dengan type seperti ini dengan cara mengikuti emosi mereka. Ketika mereka sedang senang ikutlah tertawa, apabila sedih tunjukanlah rasa prihatin Anda.


4.Client Si Kreatif


Beruntunglah Anda jika mendapat Client si kreatif. Meraka selalu memberikan ide-ide nya yang cemerlang dan diluar dugaan. yang dapat membantu bisnis Andamenjadilebih berkembang.

Berikan kebebasan mereka berkreasi serta memberi pujian atas hasil yang didapat dari ide-ide client Anda.

www.materibisnis.com bertujuan memberikan edukasi dan motivasi kepada bisnis pemula serta mengulas sisi-sisi lain yang bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat, Terimakasih.
Salam,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon